Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Tips Memulai Bisnis Kuliner dan Jamu Kekinian

Sabtu 15 May 2021 00:10 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Minum jamu (ilustrasi)

Foto:
Skill, ketersediaan waktu dan jejaring penting dimiliki untuk memulai bisnis.

Tips selanjutnya, buatlah templates untuk beragam format sebagai salah satu upaya pemasaran produk Anda. Buatlah format pemesanan yang disertai data lengka, format price list, informasi nomor rekening agar kerja semakin efisien.

Anda juga bisa memberi sentuhan personal. Saat Anda mengirimkan pesanan, cobalah memberikan note kecil, perhatian kecil dan ucapan terima kasih yang ditulis tangan."Jarang kan sekarang yang masih mau nulis tangan? Semua orang suka diperlakukan istimewa, itu kuncinya," kata Retno.

Hal penting lainnya, membagi waktu. Anda mungkin merasa bisnis berjalan lancar namun menghabiskan waktu. Anda bisa mendelegasikan tugas pada orang lain yang bisa mengerjakannya.

"Kita bisa membayar upahnya per part bukan kita bayar bulanan. Misalnya kerja selama dua jam, maka akan dibayar senilai X. Ini menyenangkan karena kita bisa mengerjakan hal lain, sementara bisnis juga berjalan," tutur Retno.

Kemudian, saat Anda sudah bisa mengukur kekuatan, beranilah buka pre order, bukan ready stock, untuk produk promosional baru lainnya lalu. batasi. Misalnya hanya sekian beberapa hari di di hari tertentu. Menurut Retno, cara ini sekaligus menjadi sarana tes pasar.

Terakhir, gunakan aplikasi-aplikasi bantuan yang banyak ditemukan di internet. Untuk membuat promo eflyer, Anda bisa menggunakan aplikasi desain gratis, untuk pembukuan juga ada, bahkan untuk jualan dengan aplikasi gratis pun banyak.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA