Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Kenali Tanda Nyeri Haid tak Normal

Sabtu 15 May 2021 00:55 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Nyeri haid

Nyeri haid

Foto: ist
Nyeri haid tak normal salah satunya disebabkan endometriosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wanita merasakan nyeri atau kram selama periode menstruasinya. Nyeri biasanya dirasakan menjelang atau selama haid karena otot-otot rahim berkontraksi.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Universitas Indonesia, Moh. Luky Satria Syahbana Marwali mengatakan, nyeri itu bisa dikatakan tak normal bila rasa sakitnya bertambah berat sehingga menyebabkan wanita tidak dapat beraktivitas normal. Nyeri juga dikatakan tidak normal jika tidak membaik setelah konsumsi obat pereda nyeri.

Baca Juga

Nyeri tak normal salah satunya disebabkan endometriosis. Ini adalah jaringan yang membentuk lapisan dalam rahim juga tumbuh di luar rahim."Kondisi ini dapat tumbuh pada organ lain di dalam panggul atau perut, dan dapat menyebabkan perdarahan, infeksi, dan nyeri panggul," ungkap Luky yang berpraktik di RS Pondok Indah IVF Centre.

Nyeri endometriosis dapat berupa rasa sakit, kram, perasaan terbakar, yang dapat dirasakan cukup ringan, atau bahkan sangat parah hingga menurunkan kualitas hidup. Selain rasa nyeri hebat ketika menstruasi, wanita dengan endometriosis kerap merasakan rasa nyeri saat berhubungan seksual.

Meskipun tidak umum, beberapa dari mereka mungkin mengalami nyeri pula saat buang air kecil, buang air besar, diare, mual, muntah, dan perut kembung. Dokter biasanya menggunakan beberapa modalitas pemeriksaan untuk memastikan diagnosis endometriosis, antara lain: pemeriksaan panggul, ultrasonografi, MRI dan laparoskopi.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA