Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Sabtu 08 May 2021 20:34 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Platform distribusi video singkat Tiktok Indonesia meluncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar (ilustrasi).

Platform distribusi video singkat Tiktok Indonesia meluncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar (ilustrasi).

Foto: EPA-EFE/HAYOUNG JEON
Para guru diharapkan mampu menghadirkan kegiatan belajar dengan cara kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform distribusi video singkat Tiktok Indonesia meluncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar. Program bertujuan membantu para guru dan orang tua dalam membuat video edukasi di Tiktok.

Peluncuran buku merupakan rangkaian kolaborasi Tiktok bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI). Dengan begitu, tenaga pengajar bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara kreatif.

Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Mendagri, Menkes, dan Menag telah membuat Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Mulai Juli 2021, kegiatan pembelajaran wajib menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kerja sama antarguru di sekolah dengan orang tua atau wali yang menjadi pengajar di rumah pun menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik. Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 Muhammad Ramli Rahim mengatakan kolaborasi menjadi kunci utama.

Ramli yang juga menjadi Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia mengatakan guru dan orang tua atau wali menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan. Mereka perlu selalu beradaptasi dan berinovasi agar peserta didik tetap semangat menimba ilmu. 

"Buku panduan dari Tiktok yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh tenaga pengajar dan orang tua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," kata Ramli lewat pernyataan resminya.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tip membuat konten di Tiktok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur Tiktok. Pengguna pun dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan salah satu kreator.

Ada juga tip bagaimana memaksimalkan akun Tiktok beserta ragam konten edukasi yang ada di Tiktok. Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform Tiktok.

Head of Operations Tiktok Indonesia Angga Anugrah Putra menyampaikan, program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar di mana saja dan kapan saja melalui video singkat.

"Hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini telah mengejewantahkan misi kami tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di Tiktok," ujar Angga.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar dapat diakses secara gratis di situs Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia mulai 5 Mei 2021. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dari tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi Tiktok.

Sebelumnya, Tiktok Indonesia bersama IGI dan JSDI menggelar webinar pelatihan mengenai konten edukasi kepada lebih dari 2.000 guru di 10 wilayah di Indonesia. Lokasinya tersebar di Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, dan Papua.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA