Ahad 09 May 2021 01:28 WIB

Asosiasi Kripto Minta Definisi Cryptocurrency Diubah

IndiaTech.org ingin memberikan definisi jelas untuk industri cryptocurrency

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Asosiasi Kripto Ini Minta Pemerintah Ubah Definisi dari Cryptocurrency (Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta)
Asosiasi Kripto Ini Minta Pemerintah Ubah Definisi dari Cryptocurrency (Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta)

IndiaTech.org, asosiasi industri yang mewakili investor dan startup di India, ingin memberikan definisi yang jelas untuk industri cryptocurrency.

Pada hari Rabu, asosiasi merilis kertas putih termasuk proposal kebijakan dengan rekomendasi untuk kerangka peraturan untuk aset kripto dan pertukaran kripto di India.

Baca Juga: Negara Ini Bakal Setujui Dana yang Fokus ke Cryptocurrency, Karena . . . .

Kerangka yang diusulkan menyarankan untuk mendefinisikan cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) sebagai aset digital dan bukan mata uang.

"Definisikan cryptocurrency sebagai aset digital dan bukan mata uang dan berikan mereka pengakuan sebagai aset digital seperti emas, saham, atau sekuritas yang dapat dipasarkan," tulis proposal tersebut dikutip dari Cointelegraph, Jumat (7/5/2021).

Kerangka kerja ini selanjutnya merekomendasikan pengenalan sistem pendaftaran untuk pertukaran mata uang kripto yang berbasis di India serta menetapkan pemeriksaan yang diperlukan terkait dengan kepatuhan Anti-Pencucian Uang, verifikasi dan pelaporan Kenali Pelanggan Anda.

Proposal tersebut juga menunjukkan perlunya ketentuan yang diperlukan dalam undang-undang perpajakan India, karena tidak ada kerangka kerja yang jelas untuk mengenakan pajak kripto di India.

Buku putih tersebut juga menekankan perlunya membangun kerangka kerja untuk penerbitan token di India dan mengatur kripto dalam industri pembayaran. IndiaTech juga mengusulkan untuk mendorong pengaturan mandiri untuk menentukan kode etik industri.

CEO IndiaTech Rameesh Kailasam mengatakan bahwa industri crypto memiliki potensi besar untuk startup India.

“Kebutuhan utama saat ini adalah agar sektor ini diberikan kejelasan aturan yang sangat dibutuhkan yang telah diupayakannya. Kami berharap Pemerintah akan bekerja sama dengan industri untuk mengatur sektor ini dan pendekatan progresif diadopsi saat melakukannya,” katanya

Sumit Gupta, salah satu pendiri dan CEO bursa crypto lokal, CoinDCX, meminta pemerintah untuk menentukan sifat sebenarnya dari crypto di India.

“Ini membantu membawa perspektif baru ke diskusi regulasi yang sedang berlangsung hari ini. Rekomendasi akan membuka potensi yang sangat besar bagi orang India untuk berpartisipasi dalam kelas aset global baru ini, ”kata Gupta.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, ada ketidakpastian yang signifikan mengenai status hukum crypto di India, dengan banyak sumber anonim menyebarkan rumor rencana pelarangan crypto di negara tersebut.

Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman kemudian mengatakan bahwa regulator tidak menginginkan larangan lengkap dan bersedia untuk mengizinkan “jendela tertentu” bagi orang-orang untuk menggunakan aset digital seperti Bitcoin.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement