Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Ratusan Pelaku UKM di Pariaman Terima Paket Sembako

Sabtu 08 May 2021 08:51 WIB

Red: Didi Purwadi

ilustrasi pelaku usaha kecil mikro. Ratusan pelaku UKM di Pariaman, Sumatra Barat, menerima bingkisan paket sembako.

ilustrasi pelaku usaha kecil mikro. Ratusan pelaku UKM di Pariaman, Sumatra Barat, menerima bingkisan paket sembako.

Foto: Antara/Irfan Anshori
Ratusan sembako diberikan bagi pelaku usaha kecil mikro (UKM) di Pariaman.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Bank Nagari Cabang Kota Pariaman, Sumatera Barat, memberikan 275 paket sembako untuk pelaku usaha mikro di daerah itu. Pemberian paket sembako tersebut diharapkan dapat meringankan beban pelaku usaha dalam menghadapi Lebaran 2021.

"Penerima paket sembako ini adalah pedagang mikro, pedagang kecil sekali yang pendapatan ekonominya rendah," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai penyaluran paket sembako secara simbolis di Pariaman, seperti dikutip dari Antara, Jumat.

Ia mengatakan sembako tersebut didapatkan karena Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Pariaman mengirimkan proposal kepada Bank Nagari. Menurutnya, sembako yang diberikan tersebut merupakan bentuk kontribusi Bank Nagari terhadap masyarakat ekonomi lemah daerah itu.

Genius mengatakan langkah Bank Nagari ini bisa menjadi contoh baik yang dapat dilakukan pihak swasta, BUMN, dan BUMD untuk membantu warga yang terdampak Covid-19. Ia pun berharap Bank Nagari serta pihak lainnya di antaranya swasta, BUMN, dan BUMD untuk terus ikut membangun ekonomi Kota Pariaman.

Pimpinan Bank Nagari Cabang Pariaman, Ibnu Supriadi, mengatakan kegiatan pemberian sembako rutin dilakukan bank tersebut kepada pelaku usaha mikro di daerah itu. "Kegiatan ini kami laksanakan setiap tahunnya, untuk tahun ini nilainya Rp 13.750.000," ujarnya.

Pihaknya memberikan dana tersebut kepada Disperindagkop dan UKM Pariaman. Lalu, organisasi perangkat daerah itu yang akan membagikannya ke pelaku usaha.

Terkait isi paket, penerima, dan proses penyalurannya kepada pelaku usaha mikro, pihaknya menyerahkan pengaturannya kepada dinas tersebut. Ibnu mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemberian bantuan sembako sebelum memasuki lebaran tersebut jika keuangan daerah itu stabil.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA