Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Tips Menyimpan Perhiasan Saran dari Pakar

Jumat 07 May 2021 22:54 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Agar kilau perhiasan selalu terjaga, penyimpanannya perlu mendapat perhatian khusus.

Agar kilau perhiasan selalu terjaga, penyimpanannya perlu mendapat perhatian khusus.

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Agar kilau perhiasan selalu terjaga, penyimpanannya perlu mendapat perhatian khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agar kilau perhiasan selalu terjaga, penyimpanannya perlu mendapat perhatian khusus. Pendiri lini perhiasan mewah Jane Berg Collection, Jane Berg, membagikan kiatnya bagi para kolektor aksesori.

Pedoman pertama, hindari menyimpan perhiasan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau panas yang berlebihan. Sebaiknya, simpan perhiasan di tempat yang bersih dan kering, serta dilapisi dengan bahan lembut.

Baca Juga

"Permata berwarna tertentu bisa lebih sensitif terhadap sinar matahari, seperti zamrud dan tanzanite. Permata berwarna lain juga bisa lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung yang berkepanjangan," kata Berg.

Nampan perhiasan dekoratif dengan kaca tertutup adalah cara yang bagus untuk memajang perhiasan favorit dan membuatnya tetap dapat diakses. Bersiaplah untuk membersihkan perhiasan yang disimpan di wadah itu secara teratur.

Sebagian orang tidak yakin seberapa sering harus membersihkan perhiasan favorit. Cara mudah yang disebutkan Berg adalah memperhatikan kilaunya. Jika mulai pudar, itu pertanda jelas bahwa sudah saatnya menyegarkan tampilan perhiasan.

Frekuensi keausan dan kerumitan desain juga dapat menjadi faktor dalam seberapa sering pembersihan diperlukan. Berg menyarankan kepada kliennya agar perhiasan dibersihkan secara profesional setiap enam bulan hingga satu tahun.

"Hal itu untuk memastikan semua bagian masih dalam kondisi baik dan belum tersangkut atau berpindah dari tempatnya," ujarnya, seperti dikutip dari laman Today, Jumat (7/5).

Untuk penyimpanan yang mudah dan lebih sedikit pembersihan, pertimbangkan untuk menyimpan perhiasan di dalam kotak dengan kompartemen yang dilapisi secara individual. Itu membuat perhiasan tidak saling bergesekan.

"Kotak perhiasan, tas perhiasan, atau baki terbuka harus memiliki area terpisah untuk cincin, anting, dan gelang. Gantungkan kalung agar mencegahnya kusut. Untuk perhiasan cuffs, gunakan kompartemen yang lebih besar," tutur Berg.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA