Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

3 Bahasa yang Ditulis dengan Huruf Arab, Indonesia Masuk

Jumat 07 May 2021 20:13 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Sejumlah entitas menggunakan huruf Arab untuk penulisannya. Ilustrasi Arab pegon

Sejumlah entitas menggunakan huruf Arab untuk penulisannya. Ilustrasi Arab pegon

Foto: dokrep
Sejumlah entitas menggunakan huruf Arab untuk penulisannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Huruf-huruf Arab ternyata tidak hanya digunakan untuk menyusun kalimat bahasa Arab. Ada beberapa bahasa yang menggunakan huruf-huruf Arab sebagai penyusun kata atau kalimat sehingga memiliki makna yang dapat dipahami sesuai bahasa lokal. 

Salah satu bahasa tersebut ternyata adalah bahasa Jawi. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Arabic Post pada Jumat (7/5). 

Baca Juga

Bahasa Alchimido penduduk Morisco

Alkhimiyadu atau Alchimido adalah bahasa Spanyol kuno. Alan tetapi orang-orang Morisco atau Moor yakni Muslim Abad Pertengahan yang tinggal di Andalusia menulis bahasa Alchimido dengan huruf Arab. Penduduk Morisco adalah orang-orang yang pertama kali menemukan penggunaan bahasa Alchimido menggunakan huruf Arab setelah mereka menjadi sasaran penganiayaan kekuasaan Kristen Spanyol. 

Penduduk Morisco awalnya adalah Muslim yang tinggal di Spanyol da Portugal. Mereka dipaksa memeluk Kristen pada awal abad keenam belas setelah runtuhnya Granada dan keluarnya Muslim dari Andalusia. Setelah itu penduduk Morisco banyak yang mempraktikkan ajaran Islam secata sembunyi-sembunyi, meski beberapa orang ada yang melakukannya secara terang-terangan.

Beberapa penduduk Morisco membuat buku yang dikenal sebagai al Jamiyadus atau Gamiados. Buku itu ditulis dalam bahasa Spanyol tetapi menggunakan huruf Arab. Buku itulah yang digunakan para penduduk Morisco untuk saling belajar tentang Islam. 

Akan tetapi dekrit yang dikeluarkan Raja Spanyol yakni Philip II pada 1566 mewajibkan seluruh bangsa Moor untuk menggunakan bahasa, pakaian, dan adat istiadat Spanyol secara paksa. Hal itu memicu revolusi penduduk Morisco. Namun mereka gagal yang membuat penduduk Morisco dipindahkan dari Granada ke wilayah lainnya di Spanyol. Hingga pada awal abad ketujuh belas, orang-orang Morisco diusir dari Spanyol ke Arab.  

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA