Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Universitas BSI Adakan Workshop Mendeley Untuk Mahasiswa

Jumat 07 May 2021 13:54 WIB

Red: Hiru Muhammad

Penggunaan aplikasi Mendeley dewasa ini menjadi keharusan. Terutama di kalangan mahasiswa yang tengah menyusun tugas akhir dan skripsi

Penggunaan aplikasi Mendeley dewasa ini menjadi keharusan. Terutama di kalangan mahasiswa yang tengah menyusun tugas akhir dan skripsi

Foto: istimewa
Kegiatan ini diikuti oleh 755 peserta dengan menghadirkan dua pembicara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Penggunaan aplikasi Mendeley dewasa ini menjadi keharusan. Terutama di kalangan mahasiswa yang tengah menyusun tugas akhir dan skripsi

Perlu adanya sosialisasi dan workshop dalam penggunaanya, dalam hal ini Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar workshop Mendeley bertajuk ‘Pemanfaatan Aplikasi Mendeley dalam penyusunan Skripsi dan Tugas Akhir’ secara daring, Senin (26/4) silam.

Kegiatan ini diikuti oleh 755 peserta dengan menghadirkan dua pembicara. Masing-masing pembicara merupakan staf perpustakaan Universitas BSI.

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Bogor, Sri Wasiyanti membuka secara resmi kegiatan ini mewakili Wakil Rektor Bidan Non Akademik, Suharyanto. Dalam sambutannya, Sri mengungkapkan tujuan workshop ini untuk membantu mahasiswa yang tengah menyusun tugas akhir atau skripsi.

“Dengan adanya workshop ini saya harap dapat memberi manfaat bagi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir dan dapat menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas," kata Sri, kepada media saat diwawancarai setelah acara, Senin (26/4) lalu.

Staf Perpustakaan Universitas BSI Kampus Tegal, Rizky Arsika Yunita hadir sebagai pemateri pertama. Ia memaparkan pentingnya etika dalam melakukan sitasi referensi. Dengan memahami kaidah-kaidah dalam membuat manajemen referensi.

“Sifat etika penulisan harus terdiri dari, kejujuran, bebas plagiarisme, menjunjung hak cipta, keabsahan, dan ketepatan. Fungsi manajemen referensi adalah memungkinkan penulis untuk mencari literatur yang relevan, serta untuk menyimpan referensi dan informasi bibliografi pada database serta membantu penulisan sitasi dan daftar pustaka dengan menggunakan format tertentu misal APA, dan IEEE," ujar Rizky.

Sedangkan, staf Perpustakaan Universitas BSI Kampus Yogyakarta, Anis Dewi Kurniawati, pembicara kedua, membimbing peserta secara langsung. Mulai dari proses pengenalan aplikasi Mendeley, penginstalan Mendeley, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan pengaplikasian Mendeley untuk membuat kutipan dan pembuatan daftar pustaka. “Harapan ke depan melalui workshop ini akan tercipta penelitian-penelitian, baik dari dosen maupun mahasiswa yang lebih berkualitas,” kata Anis.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA