Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Lebaran

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 12 May 2021 05:57 WIB

Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Lebaran. Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran. Foto: dok Republika Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Lebaran. Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran.

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan akan berakhir dan Idul Fitri akan tiba. Perayaan Idul Fitri, kerap membuat kita makan terlalu banyak. Kondisi ini sangat umum terjadi.

Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan seperti asam lambung, perut kembung, dan kram perut. Anda bisa menghindarinya dengan beberapa tindakan pencegahan.

Baca Juga

Berikut tips mencegah gangguan pencernaah saat Lebaran seperti dilansir Khaleej Times, Jumat (7/5).

1. Minum segelas air adas dan jahe sebelum dan sesudah makan. Ini akan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah pembentukan gas. Adas yang kaya serat dan jahe dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang tinggi merupakan cara bagus untuk mencegah masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan asam lambung.

2. Kunyah permen karet bebas gula setelah makan. Ini dapat membantu merangsang produksi air liur dan mempercepat pencernaan dengan meningkatkan pergerakan makanan dari perut ke usus kecil dengan cepat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X