Bagaimana Ucapan Idul Fitri yang Benar?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 12 May 2021 05:37 WIB

Bagaimana Ucapan Idul Fitri yang Benar? Ilustrasi Idul Fitri Foto: MGIT03 Bagaimana Ucapan Idul Fitri yang Benar? Ilustrasi Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang hari raya, ucapan Idul Fitri bertebaran tertulis, mulai di parsel Lebaran sampai ucapan singkat di media sosial. Ustadz Rumah Fiqih Indonesia Saiyid Mahadhir mengatakan memberikan tahni’ah atau ucapan selamat bagi sesama Muslim saat hari raya merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Beberapa riwayat menyebut di hari Lebaran mereka terkadang mengucapkan “Taqabbalallahu minna waminka” kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah menjawab dengan kalimat yang sama. Riwayat lain menceritakan ucapan tersebut juga diucapkan oleh sesama sahabat Nabi.

Baca Juga

“Memang secara kualitas hadits, rata-rata riwayat di atas tidak terlalu kuat. Akan tetapi, umumnya ulama empat mazhab fikih menggunakan riwayat tersebut untuk menilai bahwa boleh saja saling memberikan ucapan selamat (tahni'ah) kepada sesama Muslim pada hari raya,” kata Ustadz Saiyid kepada Republika.co.id, Jumat (7/5).

Dia melanjutkan, Imam Malik mengatakan seperti yang dikutip oleh Imam al-Qarafi, tidak tahu perihal riwayat tersebut. Namun, dia tidak mengingkari tentang perkara saling memberikan ucapan hari raya.

Komentar yang sama juga diberikan oleh Imam ar-Ramli dari mazhab Syafi’i. Walaupun riwayat-riwayat tersebut dhaif tapi gabungan dari semua riwayat itu bisa dijadikan landasan untuk bolehnya memberikan ucapan Lebaran.