Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Rambut Kurt Cobain Dilelang, Dibuka Mulai Rp 36 Juta

Jumat 07 May 2021 10:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kurt Cobain

Kurt Cobain

Foto: kerrang
Balai lelang bernama Iconic Auctions melelang enam helai rambut Kurt Cobain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurt Cobain menjadi salah satu musisi grunge yang memiliki penggemar fanatis hingga sekarang. Karena itu, semua hal yang berkaitan dengan Cobain masih mampu membius perhatian para penggemar, tak terkecuali rambutnya.

Sebuah balai lelang bernama Iconic Auctions melelang enam helai rambut Kurt Cobain. Rambut pirang mendiang vokalis Nirvana itu menjadi bagian dari peninggalan luar biasa dari insan musik global. Lelang dibuka kemarin, dan akan ditutup hari ini, Jumat (7/5).

Menurut Iconic, helaian rambut itu berasal dari rambut Cobain yang dipangkas tahun 1989 saat dia sedang dalam perjalanan untuk mendukung album studio debut Nirvana, 'Bleach'.

“Artefak unik ini sepenuhnya baru dipasarkan, dan disertai dengan garis keturunan yang sempurna. Termasuk foto Kurt sedang berpose dengan wanita yang memangkas rambutnya," demikian deskripsi dari Iconic Auctions seperti dilansir dari NME, Jumat (7/5).

Perempuan yang beruntung memangkas rambut Cobain kala itu adalah orang kepercayaanya sendiri, Tessa Osbourne.

Tessa diketahui memberikan helaian rambut itu kepada artis Seattle Nicole DePolo sebagai hadiah setelah Cobain meninggal di tahun 1994. Dia juga memberikan tas asli dengan catatan tangan, "29/10/89: Tess memotong rambut Kurt di Birmingham, Inggris, 27 Holy Rd., Handsworth, Birmingham B202BU".

Open bidding untuk enam helai rambut Cobain yaitu 2.500 dolar AS atau sekitar Rp 36 juta.

Sementara itu, pemotretan 'The Last Session' Kurt Cobain sukses dijual sebagai token non-fungible (NFT) yang mencakup foto, polaroid, dan lembar kontak. Sebagian dari semua hasil yang terkumpul akan masuk ke JED Foundation.

Tak hanya barang milik Kurt Cobain, ada juga beberapa item dari musisi global lain seperti Led Zeppelin dan The Beatles yang dilelang oleh Iconic Auctions.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA