Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Masjid Xian China Berkaligrafi, Hadiah Kaisar untuk Islam

Kamis 06 May 2021 22:04 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Masjid Xian dibangun pada 700 Masehi hadiah untuk umat Islam. Masjid Xian China

Masjid Xian dibangun pada 700 Masehi hadiah untuk umat Islam. Masjid Xian China

Foto: Dok Istimewa
Masjid Xian dibangun pada 700 Masehi hadiah untuk umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Arsitektur Masjid Xian di China barangkali memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya. Masjid Xian yang merupakan bangunan peninggalan kaisar China sebagai hadiah kepada umat Islam pada 700 Masehi silam ini memiliki arsitektur hiasan berupa Alquran yang ditulis di dindingnya.

Dilansir di Arabic Post, Kamis (6/5), jika mayoritas masjid-masjid di negera Muslim memiliki unsur arsitektur khas keislaman yang lumrah diketahui banyak orang, namun belum banyak orang tahu mengenai masjid-masjid di China dan sisi arsitekturnya. Salah satu contohnya adalah Masjid Xian yang merupakan masjid agung statusnya.

Baca Juga

Meskipun sudah dikenal lebih dari 1400 tahun, kekhasan masjid ini juga nampak dari ayat-ayat Alquran yang dituliskan di dindingnya. Ayat-ayat Alquran yang dituliskan di masjid ini telah ada sejak masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan. Pembangunan masjid ini direalisasikan sebagai bentuk hadiah yang diberikan Kaisar China kepada pedagang Muslim.

Masjid Agung Xian terletak di area seluas 12 kilometer. Masjid ini dibangun pada tahun 742 Masehi atau tahun 120 Hijriyah sebagai hadiah dari penguasa China Dinasti Tang (618-907) untuk pedagang Muslim. Waktunya bertepatan pada masa pemerintahan suksesi Sayyidina Utsman bin Affan.

Setelah Islam masuk ke China pada tahun-tahun pertama Hijriyah, para pedagang Arab memperkenalkan Islam ke China. Kemudian banyak umat Muslim yang menetap di China dan menikah dengan orang-orang China Han. Sehingga Dinasti Tang saat itu memutuskan untuk membangun masjid untuk menghormati para pendiri Islam di China, dan itu adalah awal dari pembangunan banyak masjid lain di seluruh negeri China.

Adapun Masjid Xian dibangun di Provinsi Shaanxi, tempat tinggal sejumlah Muslim, sehingga lingkungan masjid dikenal sebagai Islamic Quarter. Lingkungan ini dianggap sebagai lingkungan Muslim terbesar dan tertua di China menurut Travel China Guide.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA