Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Orang Yahudi Juga Berpuasa, Ini Alasan Puasa Menurut Yahudi

Kamis 06 May 2021 20:45 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Puasa juga merupakan tradisi yang berlaku di kalangan Yahudi. Simbol Yahudi, ilustrasi

Puasa juga merupakan tradisi yang berlaku di kalangan Yahudi. Simbol Yahudi, ilustrasi

Puasa juga merupakan tradisi yang berlaku di kalangan Yahudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menurut ajaran Yahudi, tujuan utama berpuasa dari beragam jenis puasa yang ada dalam ajaran mereka dimaksudkan dengan tujuan-tujuan tertentu.

Dilansir di Arabic Post, Kamis (6/5), alasan berpuasa bagi umat Yahudi memang beragam. Ada yang berpuasa sebab alasan pendamaian atas dosa. Yaitu puasa yang dilakukan bagi orang Yahudi yang dianggap memiliki sejumlah dosa. Sehingga puasanya dilakukan sebagai bentuk penebusan dosa.

Baca Juga

Mengingat bahwa berpuasa saja tidak cukup, melainkan seseorang pun harus menjauhkan diri dari melakukan dosa-dosa yang pernah dilakukannya lagi. Selain itu, ada juga alasan puasa umat Yahudi yakni karena peringatan duka.

Menurut kepercayaan Yahudi, puasa berhari-hari adalah berkabung atas kejadian bersejarah yang dialami oleh orang Yahudi. Berpuasa menjadi cara bagi anak-anak Yahudi untuk mengingat penderitaan nenek moyang mereka.

Terdapat pula puasa yang tujuannya difokuskan pada aspek spiritualitas. Karena makanan dan minuman adalah kebutuhan jasmani, berpantang darinya adalah kesempatan untuk fokus pada spiritualitas dan bersyukur kepada Tuhan atas berkat-Nya. Dan menurut kepercayaan Yahudi, puasa dapat mengangkat orang yang berpuasa ke tingkat malaikat.

 

 

Sumber: arabicpost

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA