Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Uang Pinjaman Harus Dikenakan Zakat?

Selasa 26 Apr 2022 06:02 WIB

Red: Budi Raharjo

Uang Pinjaman Harus Dikenakan Zakat?
Uang pinjaman tidak wajib dizakatkan karena uang itu bukan milik Anda

REPUBLIKA.CO.ID,

Konsultasi Zakat bersama Prof Dr Muhammad Amin Suma, Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa

Pertanyaan: 

Jika kita mendapatkan pinjaman uang misalnya Rp 1 miliar, apakah uang tersebut harus kita keluarkan zakatnya? Dan bolehkah uang tersebut kita keluarkan untuk infaq dan sedekah?

Terimakasih 

Suherman, Medan

Jawab:

Uang pinjaman sebesar 1 miliar rupiah yang Anda utang, itu tidak ada kewajiban untuk dizakati. Sebab uang utangan itu pada dasarnya bukan milik Anda. Adapun jika Anda berkehendak ingin menginfakkan/mensedekahkan (bukan menzakatkan) barang sedikit saja dari uang dimaksud, tentu tidak mengapa (boleh). 

Yang lebih penting untuk Saudara camkan ialah gunakanlah uang Rp 1 miliar itu dengan sebaik-baiknya dalam artian melalui kegiatan yang benar-benar produktif sehingga menghasilkan tambahan (keuntungan) yang lebih besar lagi. Dari keuntungan itulah Anda wajib mengeluarkan zakat, plus infak dan/atau sedekahnya. 

Amin, semoga bermanfaat!

 

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA