Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Kezuhudan Utbah bin Ghazwan Memimpin Basrah

Kamis 06 May 2021 13:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam

Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam

Foto: wikipedia
Utbah membangun Kota Basrah dan membangun sebuah masjid besar di dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Utbah bin Ghazwan berhasil mengemban misi membebaskan Ubullah dari pendudukan tentara Persia. Di tempat itu Utbah membangun Kota Basrah dan membangun sebuah masjid besar di dalamnya. 

Kemudian dia bermaksud untuk kembali ke Madinah, tetapi Amirul Mukminin memerintahkannya untuk tetap tinggal di sana, memimpin pemerintahan di Basrah.

Baca Juga

Utbah pun menaati perintah Amirul Muminin Umar RA, membimbing rakyat melaksanakan shalat, mengajarkan masalah agama, menegakkan hukum dengan adil, dan memberikan contoh tentang kezuhudan, wara’ dan kesederhanaan.

Dengan tekun dikikisnya pola hidup mewah dan berlebihan sehingga menjengkelkan mereka yang selalu memperturutkan hawa nafsu.

Pernah dalam sebuah pidato Utbah berkata, “Demi Allah, sesungguhnya telah kalian lihat aku bersama Rasulullah SAW sebagai salah seorang kelompok tujuh, yang tak punya makanan kecuali daun-daun kayu, sehingga bagian mulut kami pecah-pecah dan luka-luka. Di suatu hari aku beroleh rezeki sehelai baju burdah, lalu kubelah dua, yang sebelah kuberikan kepada Sa’ad bin Malik dan sebelah lagi kupakai untuk diriku.”

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA