Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Berbagi Pengetahuan Tujuh Elemen Penting dalam Desain Grafis

Kamis 06 May 2021 11:28 WIB

Red: Irwan Kelana

Trainer Fajar Akbar membagikan ilmu tentang desain grafis pada workshop Jago Desain Dengan Canva yang diadakan oleh Universitas Nusa Nandiri (UNM) kampus Cengkareng, Rabu (28/4).

Trainer Fajar Akbar membagikan ilmu tentang desain grafis pada workshop Jago Desain Dengan Canva yang diadakan oleh Universitas Nusa Nandiri (UNM) kampus Cengkareng, Rabu (28/4).

Foto: Dok UNM
Workshop  itu dilaksanakan oleh Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng sukses menggelar workshop Ramadhan dengan tajuk ‘Nuansa Berbagi Untuk Negeri’. Workhshop ini bertujuan untuk mengajak generasi muda mengisi waktu Ramadhan dengan kegiatan bermanfaat. Acara ini dilaksanakan secara daring, pada Rabu (28/4) lalu. pemateri workshop adalah trainer Fajar Akbar.

Fajar membagikan ilmu mengenai elemen penting dalam desain grafis pada tema workshop ‘Jago Desain Dengan Canva’. Ia menjelaskan ada tujuh elemen dalam desain grafis yakni elemen garis, elemen warna, elemen bentuk, elemen tekstur, elemen ruang, elemen bidang dan tipografi.

“Ke tujuh elemen ini memiliki peran yang penting dalam estetika desain. Sehingga,  kreator desain harus paham betul tujuh elemen ini,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id,  Selasa (4/5).

Ia mengatakan elemen garis memiliki tiga fungsi dalam desain. Unsur garis memberi fungsi dalam organisasi konten yakni sebagai pemberi penekanan atas informasi yang akan disampaikan. Juga sebagai simulasi tekstur dan juga untuk mengorganisasikan konten,” paparnya.

Selain itu, ada enam elemen lagi yang harus dipahami dalam desain untuk melengkapi elemen garis itu sendiri. Seperti elemen bidang, seorang pembuat desain harus paham dua macam bidang yang akan menghiasi desainnya, yakni bidang geometri dan bidang organik.

“Dengan memahami tujuh elemen desain ini peserta akan jago membuat desain dengan canva. Sehingga,  tujuan dari workshop ini tentunya dapat tercapai dan sesuai harapan,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA