Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

RSU Tangerang Hadirkan Inovasi Layanan Digital Saat Pandemi

Kamis 06 May 2021 08:04 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang.

Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang.

Foto: Dok Pemkab Tangerang
Dengan konsep layanan digitalisasi, sehingga pasien tidak perlu antre lama.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten mengembangkan inovasi baru layanan berbasis digital untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat akses kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

"Digital hospital intinya adalah kita memperbaiki sistem informasi dan layanan kita, kemudian dengan adanya digitalisasi ini masyarakat dengan mudah bisa mengakses pelayanan kesehatan," kata Direktur RSU Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini Lestari usai menggelar acara HUT Ke-57 RSU di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (5/5).

Dia menjelaskan, nantinya dalam penerapan konsep layanan digitalisasi itu diutamakan membuat anjungan pendaftaran secara mandiri. Sehingga pasien tidak perlu antre menunggu lama. Kemudian, pemberian resep obat dan hasil pengecekan laboratorium pun bisa langsung keluar hasilnya melalui sistem tersebut.

"Tentunya harapan kami sebagai rumah sakit RS di Banten yang rujukannya cukup tinggi, agar bisa memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat," ujar Naniek.

Dia menyampaikan, program playanan digital hospital direncanakan dimulai pada 2022. Hanya saja, saat ini pihaknya masih menjalankanya secara bertahap. "Kalau untuk target realisasi pada program ini mudah-mudahan tahun depan sudah 100 persen efektif," kata Naniek.

Selain itu, menurut Naniek, RSU Kabupaten Tangerang juga tidak hanya sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 saja. Pihaknya juga melayani pasien yang menderita penyakit kompleks dan lain sebagainya.

"Saat ini untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19, kami tim medis dari RSU Kabupaten Tangerang selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya virus corona, selain itu kita juga mengedukasi tentang vaksinasi," kata Naniek.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi adanya sistem layanan digital yang di terapkan oleh RSU Kabupaten Tangerang. Pasalnya, di tengah situasi pandemi, inovasi dan terobosan tersebut sangat diperlukan terlebih dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Dengan adanya inovasi, saya berharap RSU Kabupaten Tangerang bisa meningkatkan lagi dalam hal segi pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kualitas sember daya manusianya," kata Ahmed.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA