Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Chelsea Vs Manchester City, Final Kedelapan Tim Satu Negara

Kamis 06 May 2021 07:05 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Pertandingan Chelsea vs Manchester City (ilustrasi)

Pertandingan Chelsea vs Manchester City (ilustrasi)

Foto: AP / Ian Walton / Pool
Tiga kali tercipta final sesama tim Inggris di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea menyusul Manchester City ke partai final Liga Champions musim 2020/21. Ini akan menjadi seri kedelapan bagi dua tim asal negara yang sama bertanding di partai puncak kompetisi kasta tertinggi Eropa tersebut. 

Sebelumnya sudah ada tujuh partai final yang mempertemukan dua klub dari negara serupa. Dua di antaranya tim asal Inggris. Laga Chelsea versus Manchester City akan menjadi yang ketiga bagi tim wakil Negeri Ratu Elizabeth bersua di final. 

Baca Juga

Dari tujuh final sebelumnya, tercatat empat kali sang juara direbut oleh tim yang menduduki posisi klasemen lebih tinggi di kompetisi domestik. Saat ini, Manchester City berada di peringkat pertama sementara Chelsea di urutan keempat. 

Laman resmi UEFA pada Kamis (6/5) merangkum tujuh laga pamungkas Liga Champions yang mempertemukan dua klub dari tanah air yang sama. Berikut daftarnya:

1. Real Madrid Vs Valencia (1999/2000)

Kejadian pertama terjadi pada musim 1999/2000. Valencia untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions dalam sejarah klub, sementara Real Madrid melakoni partai puncak yang ke-11 baginya di kasta tertinggi panggung Eropa. 

Berlangsung di Stade de France, Paris, El Real yang kala itu ditangani oleh Vicente del Bosque menghantam Valencia tiga gol tanpa balas. 

Gol pembuka dicetak Fernando Morientes sebelum jeda babak pertama, kemudian gol berikutnya dicetak pada babak kedua lewat kaki Steve McManaman dan ditutup oleh Raul Gonzales. 

2. AC Milan Vs Juventus (2002/03)

Puncak kejayaan Serie A Italia terbukti ketika mengirim tiga perwakilan klub ke babak semifinal. Di partai pamungkas, AC Milan bertemu dengan Juventus. 

Pertandingan berakhir 0-0 di waktu normal dan terpaksa ditentukan lewat adu penalti. AC Milan keluar sebagai pemenang setelah menyelesaikan tos-tosan dengan skor 3-2. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA