Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Alasan Generasi Salaf Bersemangat Membaca Alquran

Rabu 05 May 2021 20:36 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran memberikan manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi Alquran

Alquran memberikan manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi Alquran

Foto: pxhere
Alquran memberikan manfaat bagi para pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Membaca Alquran pahalanya sangat besar, apalagi jika dilakukan selama bulan suci Ramadhan.   

"Itulah mengapa para sahabat dan generasi salaf sangat bersemangat membaca Alquran," kata Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur'an Cijamil Bandung Barat Ustadz Teguh Turwanto, saat menyampaikan tausiyahnya, Rabu (5/5).  

Baca Juga

Kendati demikan, dia mengingatkan fungsi Alquran bukan sekadar dibaca. Lebih dari itu, Alquran penting dipahami, ditadaburi dengan mengambil pelajaran darinya kemudian diamalkan dan diterapkan seluruh isinya. Ingat, Alquran adalah petunjuk hidup bagi umat manusia. Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Isra ayat 9.

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا "Sungguh Alquran ini memberikan petunjuk ke jalan yang lebih lurus dan memberikan kabar gembira kepada kaum Mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka ada pahala yang besar." 

Ustadz Teguh mengatakan, sebagai petunjuk hidup bagi manusia, Alquran telah memberikan penjelasan hukum atas segala sesuatu.  Allah SWT menegaskan dalam surat An Nahl ayat 89.

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ "Kami menurunkan kepada engkau Al Kitab (Alquran) sebagai penjelas segala sesuatu, petunjuk, rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri." 

Menurut Imam Al Baghawi dalam Ma’âlim At Tanzil, ayat tersebut bermakna bahwa Alquran berisi penjelasan atas segala sesuatu yang diperlukan berupa perintah dan larangan, halal dan haram serta hudud dan hukum-hukum.

Dengan mengutip Ibn Mas’ud RA, Imam Ibnu Katsir di dalam tafsirnya juga menjelaskan bahwa Alquran meliputi segala pengetahuan yang bermanfaat berupa berita apa yang telah terdahulu, pengetahuan apa yang akan datang, hukum semua yang halal dan haram serta apa yang diperlukan manusia dalam perkara dunia, agama, kehidupan, dan akhirat mereka. 

Dengan kata lain, Alquran adalah solusi atas semua problem yang dihadapi manusia di dalam kehidupan mereka. Baik problem pribadi, keluarga, masyarakat maupun negara. 

Kaum Muslimin mencapai perubahan yang dahsyat, bangkit dari keterpurukannya setelah Rasulullah SAW menerapkan Alquran dalam seluruh aspek kehidupan, bukan hanya aspek ritual. 

Karena itu, bukan hanya penting, sebagai hamba Allah yang meyakini kebenaran Alquran, kita wajib mengamalkan dan menerapkan seluruh isi Alquran. Baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat maupun negara.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA