Rabu 05 May 2021 20:04 WIB

Tjahjo: KemenPANRB tak Terlibat Tes Wawasan Kebangsaan KPK

Tjahjo menilai hasil tes wawasan kebangsaan adalah urusan internal KPK.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menanggapi rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan berkoordinasi dengan KemenPANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait hasil tes wawasan kebangsaan (TWK). Sebanyak 75 pegawai KPK tidak lulus dalam tes wawasan kebangsaan.

Tjahjo mengatakan, belum dapat menjelaskan mengenai rencana koordinasi tersebut. Sebab, kata Tjahjo, sejak awal KemenPANRB tidak ikut dalam proses tes wawasan kebangsaan bagi pegawai KPK.

Baca Juga

"Bagaimana menanggapinya, KemenPANRB tidak ikut dalam proses test pegawai KPK terkait wawasan kebangsaan," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Rabu (5/5).

Tjahjo menjelaskan dasar pelaksanaan tes peralihan status pegawai KPK menjadi ASN tersebut adalah Peraturan KPK. Sementara, KemenPANRB sejak awal tidak ikut dalam proses peralihan tersebut.

Dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) juga, kata Tjahjo, KPK bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan lembaga lainnya. Sementara hasil tes pun sudah diserahkan kepada pimpinan KPK.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement