Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Pandemi Batasi Akses Masjid Muslimah Sydney

Kamis 06 May 2021 05:25 WIB

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ani Nursalikah

Pandemi Batasi Akses Masjid Muslimah Sydney. Masjid Punchbowl, Sydney, Australia

Pandemi Batasi Akses Masjid Muslimah Sydney. Masjid Punchbowl, Sydney, Australia

Foto: Facebook
Membatasi akses masjid menghilangkan hubungan perempuan di masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pandemi Covid-19 memberi pengalaman Ramadan yang berbeda bagi para Muslimah di di Masjid Punchbowl, Sydney, Australia. Para Muslimah di sana mengatakan, beberapa masjid membatasi ruang wanita. 

Padahal, Ramadhan adalah momen komunitas untuk berkumpul dan saling bersua. Sebagian masjid di Sydney telah mematuhi tindakan pencegahan Covid-19 dengan menyediakan fasilitas tambahan bagi anak perempuan.

Baca Juga

Dilansir dari ABC, Rabu (5/5), kebanyakan masjid memang membatasi kapasitas untuk jamaah wanita. Dalam wawancara dengan ABC, membatasi ruang bagi perempuan untuk menghadiri sholat dapat menghilangkan hubungan penting antara perempuan di masyarakat.

"Itu pasti menciptakan banyak frustrasi, rasa kesepian; itu hanya menciptakan penghalang bagi rasa kebersamaan dan rasa ibadah," katanya.

Beberapa wanita mengatakan mereka ingin berhati-hati ketika berkomentar di depan umum karena mereka tidak ingin subjek tersebut disalahartikan dan berkontribusi pada retorika islamofobia.

"Saat ini sudah cukup sulit sebagai seorang wanita Muslim dan masjid adalah satu-satunya tempat yang dapat Anda tuju, dan Anda dapat memiliki perusahaan yang luar biasa dari semua wanita lain di sana dan itu adalah hubungan spiritual karena sistem kepercayaan bersama," kata Iman. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA