Rabu 05 May 2021 19:51 WIB

Tahun Ini Pertamina Tambah Investasi Kapal untuk PIS

Rencananya, di tahun ini Pertamina akan membeli kapal LNG untuk dioperasikan PIS

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina (Persero) resmi membentuk subholding Pertamina Internasional Shipping (PIS) sebagai perusahaan integrasi maritim logsitik.
PT Pertamina (Persero) resmi membentuk subholding Pertamina Internasional Shipping (PIS) sebagai perusahaan integrasi maritim logsitik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) resmi membentuk subholding Pertamina Internasional Shipping (PIS) sebagai perusahaan integrasi maritim logsitik. Untuk bisa menunjang PIS kedepan tahun ini Pertamina menambah kapal untuk PIS.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, saat ini PIS memiliki 750 kapal yang dioperasikan. Tambahannya ada dua kapal VLCC prime dan pride. Rencananya, di tahun ini juga Pertamina akan membeli kapal LNG untuk dioperasikan PIS.

Baca Juga

"Kami akan tambah kapal LNG pada tahun ini untuk digunakan supply gas ke kilang cilacap dan juga untuk menuntaskan pasokan gas sebagai konversi PLTD milik PLN," ujar Nicke di Gedung Patra Jasa, Rabu (5/5).

Selain itu, untuk tahun depan dari sisi hulu ada target peningkatan produksi, maka PIS selaku shipper berperan penting dalam hal ini. Nicke menjelaskan perlu ada tambahan FSRU untuk mendukung kinerja di hulu. "Nantinya PIS akan masuk investasi di sini juga," tambah Nicke.

Nicke menjelaskan memang angka rigid investasi untuk PIS belum bisa dielaborasi lebih. Namun, alokasi capex holding sebesar 10,7 miliar dolar AS di tahun ini salah satu nya untuk mengembangkan PIS.

Selain itu, kata Nicke investasi pertamina hingga 2024 esok akan terus meningkat mencapai 16 miliar dolar AS per tahunnya. "Ini salah satunya untuk bisa merealisasikan pengembangan PIS sebagai industri maritim integrated logistik," tambah Nicke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement