Ketua DPR dan Menhub Rakor Pengamanan Operasi Ketupat

Puan meminta aparat yang terlibat di lapangan untuk bersikap tegas namun humanis

Rabu , 05 May 2021, 19:41 WIB
etua DPR RI Puan Maharani bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Operasi Ketupat 2021 di Posko Pengendalian Transportasi di Cirebon, Jawa Barat. (ilustrasi).

Ia mengatakan bahwa pihaknyamengajak Ketua DPR RI Puan Maharani ke Cirebon karena daerah ini merupakan salah satu titik pergerakan yang paling banyak, yang terjadi dari barat ke timur. "Di sinilah Kakorlantas, Dirlantas, TNI, kapolres, dandishubmelakukan penegakan hukum, apakah itu putar balik, apakah itu mempersilakan bila mereka memenuhi syarat. Oleh karena itu, dari satu sisi DPR tahu apa yang kami lakukan memang by lawitu sesuai," katanya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menegaskan bahwa aspek keamanan peniadaan mudik, mulai 6 sampai dengan 17 Mei 2021 sudah siap dengan misi Operasi Ketupat 2021 untuk operasi kemanusiaan. Menurut Istiono, sinergitas dan fleksibilitas di lapangan menjadi harapan yang harus dikelola sama-sama aparat di lapangan.

"Harapan dan keinginan masyarakat di lapangan harus dikelola supaya mudik ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik," katanya.

Istiono menegaskan bahwa Operasi Ketupat 2021 adalah operasi kemanusiaan yang lebih menekankan tindakan persuasif dan humanis.

Sumber : antara