Lebih Dekat dengan Alquran Lewat Kampung Quran

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Kamis 06 May 2021 10:10 WIB

Salah satu pekerja sedang melakukan pemeriksaan terhadap hasil cetak Alquran di pabrik Alquran, Syam Quran, Bandung, Jawa Barat.

Foto: Muhammad Rizki Triyana/RepublikaTV
Wisata Kampung Quran diharapkan dapat mendekatkan masyarakat dengan Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Berawal dari pemikiran ingin memberikan satu treatment mendekatkan Alquran kepada masyrakat, perusahaan penerbit percetakan Alquran, Syamil Quran di Kiara Condong, Kota Bandung menjadikan tempat tersebut sebagai Kampung Wisata Quran.

Direktur Marketing & Komunikasi Strategi Syamil Quran Rachman Rishatullah menuturkan wisata tersebut sudah dimulai sejak tahun 2013 lalu. Dimana, dalam wisata itu pengunjung akan diperlihatkan bagaimana proses panjang dari sebuah mushaf.

Rachman menjelaskan dalam wisata tersebut pengunjung diberikan beberapa petunjuk, salah satunya pemaparan mengenai perkembangan mushaf Al-Quran dari masa ke masa. Hingga fase terakhir dimana pengunjung diberikan kesempatan untuk memilih cinderamata yang berupa mushaf atau berupa metode hafalan dan menulis Alquran bagi pengunjung tersebut.

Ia menambahkan, melalui beberapa tahapan dalam proses wisata Quran menjadi upaya mendekatkan Alquran kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat melahirkan pengamalan baru secara spriritual dari sebuah proses pembuatan mushaf yang begitu panjang.

 

 

Videografer & Video Editor | Muhammad Rizki Triyana

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X