Idul Fitri Jatuh Pada 13 Mei di Mayoritas Negara Muslim

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

 Rabu 05 May 2021 16:28 WIB

Idul Fitri Jatuh Pada 13 Mei di Mayoritas Negara Muslim. Foto: Idul Fitri Ilustrasi Foto: Republika/Wihdan Idul Fitri Jatuh Pada 13 Mei di Mayoritas Negara Muslim. Foto: Idul Fitri Ilustrasi

Idul Fitri diperkirakan 13 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI—Pusat Astronomi Internasional (IAC) memprediksikan Idul Fitri akan jatuh pada 13 Mei di sebagian besar negara Muslim. Eng. Mohamed Shawkat, Direktur Pusat, menyatakan bahwa penampakan bulan sabit di sebagian besar negara Muslim akan terjadi pada Selasa, 11 Mei 2021.

Sedangkan negara-negara yang memulai Ramadhan pada Rabu, 14 April, penampakan hilal diprediksikan akan terlihat pada Rabu 12 Mei, dengan prediksi Idul Fitri akan jatuh pada Kamis 13 Mei atau Jumat (14/5), termasuk beberapa negara Afrika dan mayoritas Muslim lain dan beberapa negara non-Arab.

Baca Juga

Penampakan bulan pada Selasa (11/5), kata dia, tidak dapat dilakukan di semua negara Islam di dunia, karena bulan terbenam sebelum matahari dan karena konjungsi atau pembentukan bulan sabit. setelah matahari tenggelam.

Oleh karena itu, negara-negara tersebut akan menyelesaikan Ramadhan dalam 30 hari dan Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei, tambahnya. Adapun negara-negara yang akan melihat hilal pada Rabu (12/5), mayoritas berasal dari wilayah timur, Asia, dan Eropa.

Sementara itu, sebagaian negara di Afrika, Kanada, dan Amerika Selatan kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk melihat hilal di hari itu, jelas dia, menambahkan bahwa kemungkinan idul fitri akan jatuh pada Kamis, 13 Mei di sebagian besar negara dan pada hari Jumat, 14 Mei di negara lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X