Puan Minta Pemerintah Konsisten Soal Aturan Pulang Kampung

Red: Ratna Puspita

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (5/5) untuk meninjau pelaksanaan aturan larangan pulang kampung alias mudik Lebaran 2021. "Kami berharap aturan benar-benar dilaksanakan secara adil, demi kebaikan kita bersama," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia meminta pemerintah konsisten terhadap kebijakan yang diambil terkait pengendalian mobilitas warga pada masa mudik Lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menurut dia, konsistensi penerapan kebijakan di lapangan harus dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Baca Juga

Ia menilai agar dapat konsisten dalam pelaksanaan dan pengawasannya, mekanisme harus disiapkan sejalan dengan menyiapkan sumber daya pendukungnya. "Larangan aktivitas mudik harus adil dan konsisten, maka harus disiapkan mekanisme dan sumber daya pendukungnya," ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah menyiapkan mekanisme rinci terkait pelarangan mudik Lebaran agar tidak memunculkan kebingungan di masyarakat.

Ia berharap masyarakat dapat sama-sama memahami dan menahan diri untuk tidak mudik demi mencegah penularan Covid-19. "Mengatasi penyebaran Covid-19 sekaligus menjaga geliat perekonomian memang tidak mudah. Di sini pentingnya aturan dilaksanakan dengan mekanisme yang rinci, konsisten, dan adil," katanya.

Ia akan meninjau beberapa titik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bersama Menteri Perhubungan, Budi Sumadi. Kunjungan kerja ke Cirebon untuk menjalankan tugas DPR dalam mengawasi aturan terkait mudik Lebaran 2021.

Kunjungan kerja di Cirebon diawali di Polres Cirebon dengan agenda pemaparan kepala Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia tentang skenario pelarangan pulang kampung alias mudik pada Rabu (5/5) siang. Setelah itu, dia bersama Sumadi akan meninjau terminal bis dan stasiun kereta api di Cirebon.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kesempatan Mudik Sebelum Aturan Larangan Mudik Diberlakukan

Hadapi Pandemi, Pemda Diminta Jadi Agen Promosi Kesehatan

Orang Betawi Mudik Lebaran ke Mana?

Penumpang Pejalan kaki di Pelabuhan Merak Membeludak

Kemenkumham Bakal Sanksi ASN Mereka yang Mudik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image