Rabu 05 May 2021 11:16 WIB

Gairah Penelitian Mahasiswa Magister Ilmu Komputer UNM

Pelaksanaan UTS bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Mahasiswa jenjang Magister program studi (Prodi) lmu Komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan UTS sambil memperingati  Hardiknas.
Foto: Dok UNM
Mahasiswa jenjang Magister program studi (Prodi) lmu Komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan UTS sambil memperingati Hardiknas.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Selama pandemi perkuliahan dilakukan secara online dan sudah terlaksana selama hampir lebih dari tiga semester. Hal ini tidak mengurungkan semangat mahasiswa jenjang magister program studi (Prodi) lmu Komputer, Universitas Nusa Mandiri (UNM). 

Pada semester genap 2020-2021 yang dimulai pada awal Maret 2021, kini sudah masuk pertengahan semester, dengan pelaksanaan ujian tengah semester (UTS). Pelaksanaan UTS dimulai bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada  Ahad (2/5).

Pelaksanaan UTS ini tentu berbeda dengan jenjang pendidikan di bawahnya. UTS sebagai evaluasi pertemuan awal perkuliahan hingga pertengahan semester ini tidak melulu dilakukan dengan pengisian soal pilihan ganda ataupun essay. Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komputer melaksanakan UTS dengan melakukan presentasi projek baik secara individu maupun secara kelompok. 

Hilman P Pardede, kepala Prodi Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri mengatakan, projek yang dipresentasikan saat UTS oleh mahasiswa merupakan progres dari projek besar yang harus selesai pada saat ujian akhir semester (UAS) nanti. 

“Projek yang tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah penelitian atau aplikasi yang dipublikasikan dalam sebuah karya ilmiah jurnal nasional ataupun internasional,” paparnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (3/5).

Lebih lanjut, ia menyampaikan begitu banyak bentuk atau metode pembelajaran yang diberikan saat ini memberi bukti perkembangan pendidikan Indonesia yang begitu pesat. Berbicara perkembangan pendidikan, perkembangan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari perjuangan Ki Hajar Dewantara, Sang Pelopor pendidikan.

“Beliau merupakan Sang Pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Ki Hajar Dewantara merupakan pendiri  Taman Siswa untuk penduduk pribumi agar mendapatkan pendidikan yang sama dengan orang-orang bangsawan. Tanggal lahirnya, 2 Mei diresmikan menjadi Hari Pendidikan Nasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, dalam rangka memperingati Hardiknas, gairah semangat mahasiswa Prodi Ilmu Komputer tetap berkobar seiring dengan adanya pelaksanaan UTS yang dimulai pada 2  hingga 8 Mei 2021.

“Hal ini tak menyurutkan semangat mahasiswa dalam mengerjakan deadline project yang harus dipresentasikan dan berbagai materi yang harus dibaca ulang dalam pelaksanaan UTS. Semoga semangat juang para pahlawan pendidikan tertular dan terus membakar semangat para generasi milenial Indonesia,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement