Ratusan Petugas Diterjunkan untuk Penyekatan Pemudik Tasik

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan.
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan. | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Polres Tasikmalaya melakukan apel gelar pasukan untuk Operasi Ketupat Lodaya 2021, Rabu (5/5). Apel itu dilakukan demi mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana, untuk melakukan operasi penyekatan pemudik yang akan mulai dilakukan pada Kamis (6/5).

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Doni Hermawan mengatakan, ada enam titik pos penyekatan di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota. Titik-titik itu berada di perbatasan, di antaranya perbatasan Tasikmalaya dengan Garut di Jalur Gentong, perbatasan Tasikmalaya dengan Ciamis di Karangrasik dan Bojongjengkol, serta perbatasan antara Kota dan Kabupaten Tasik di Cisumur, Pertigaan Mangin (Mangkubumi), dan Awipari.

"Pos itu untuk menghalau pemudik yang akan masuk wilayah Tasikmalaya," kata dia, Rabu (5/5).

Penyekatan pemudik akan dilakukan selama 6-17 Mei. Menurut dia, petugas akan siaga 24 jam selama operasi penyekatan dilakukan.

Doni menyebut, personel yang diturunkan dalam operasi itu tak kurang dari 452 anggota polisi, 95 personel TNI, dan 350 personel dari unsur terkait, temasuk juga unsur masyarakat. Menurut dia, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral terkait operasi penyekatan tersebut.

"Kita sudah samakan persepsi cara bertidak, sehingga di lapangan terdapat SOP yang sama dalam melakukan pelarangan mudik," ujar dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, momen Idulfitri dan mudik memang dua hal yang tak dapat dipisahkan. Namun, ia meminta masyarakat menahan diri untuk mudik, lantaran pandemi Covid-19 masih belum usai.

"Menunda mudik tahun ini bukan tanpa alasan. Itu kita lakukan untuk menjaga diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19. Jangan mudik dulu sampai coroba berlalu," ujar dia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kendaraan Menuju Tasikmalaya Meningkat, Penyekatan Disiapkan

Ini Rest Area Tol untuk Tes Acak Rapid Test Antigen

Hari Ini Diprediksi 138.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Tol Layang MBZ akan Ditutup Selama Mudik Dilarang

Ini Syarat Kebijakan Larangan Mudik Berjalan Efektif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image