Selasa 04 May 2021 22:07 WIB

Taliban Lakukan Serangan Besar-Besaran di Sejumlah Provinsi

Pasukan Afghanistan mengerahkan tentara elite untuk hadapi Taliban.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi: Tentara Afghanistan dalam operasi mengambil alih distrik Ghormach Provinsi Faryab dari kekuasaan Taliban.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Tentara Afghanistan dalam operasi mengambil alih distrik Ghormach Provinsi Faryab dari kekuasaan Taliban.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Pasukan keamanan Afghanistan melawan serangan besar-besaran dari kelompok Taliban di Provinsi Helmand selatan dalam 24 jam terakhir. Taliban melancarkan serangan di seluruh negeri, karena Amerika Serikat (AS) telah melewati tenggat waktu untuk menarik pasukannya dari Afghanistan.

Amerika Serikat tidak memenuhi batas waktu penarikan pasukan pada 1 Mei, sesuai kesepakatan dalam pembicaraan dengan Taliban tahun lalu. Presiden AS Joe Biden memberikan batas waktu untuk penarikan pasukan pada 11 September. 

Baca Juga

"Ada badai senjata berat dan ledakan di kota, dan suara senjata kecil seperti seseorang sedang membuat popcorn," kata Mulah Jan, seorang penduduk pinggiran ibukota provinsi Lashkar Gah, kepada Reuters.

"Saya membawa semua anggota keluarga saya ke sudut ruangan, mendengar ledakan hebat dan semburan tembakan seolah-olah terjadi di balik tembok kami," kata Mulan Jah.  

Kepala Dewan Provinsi Helmand, Attaullah Afghan mengatakan Taliban telah melancarkan serangan besar mereka pada Senin (3/5) dari berbagai arah. Taliban menyerang pos pemeriksaan di sekitar pinggiran Lashkar Gah, dan mengambil alih beberapa pos pemeriksaan.

Pasukan keamanan Afghanistan melancarkan serangan udara dan mengerahkan pasukan komando elite ke daerah tersebut.  Para pemberontak telah didorong mundur tetapi pertempuran terus berlanjut pada Selasa dan ratusan keluarga telah mengungsi.

Lonjakan serangan Taliban di Helmand akan memiliki resonansi khusus. Helmand yang merupakan provinsi gurun penghasil opium adalah tempat pasukan AS dan Inggris menderita sebagian besar kekalahan selama perang 20 tahun.

Pasukan AS menyerahkan pangkalan di Helmand kepada pasukan Afghanistan dua hari lalu. Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan, selain Helmand, pasukan keamanan telah menanggapi serangan Taliban di enam provinsi lain, termasuk Ghazni tenggara dan Kandahar selatan dalam 24 jam terakhir.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement