Rabu 05 May 2021 04:40 WIB

Islamnya Khalid bin Walid dan Ucapan Terakhir Jelang Wafat

Khalid bin Walid menjadi panglima Islam dengan julukan Pedang Allah Terhunus

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Khalid bin Walid menjadi panglima Islam dengan julukan Pedang Allah Terhunus Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Khalid bin Walid menjadi panglima Islam dengan julukan Pedang Allah Terhunus Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Khalid bin Walid RA wafat pada 18 Ramadhan 21 Hijriyah. Khalid bin Walid merupakan seorang panglima perang yang termasyhur dan ditakuti di medan tempur. Khalid mendapat julukan "Pedang Allah yang Terhunus".

Dikutip dari laman Masrawy pada Selasa (4/5), sebagaimana nukilan Imam Adz-Dzhaby dalam Siyar A'lam An-Nubala, Khalid baru memeluk Islam di akhir tahun ke delapan setelah perjanjian Hudaibiyah. Ketika Rasulullah ﷺ melakukan umroh, beliau menanyakan tentang Khalid.

Baca Juga

Dalam rombongan Rasulullah, turut pula Al Walid Bin Walid yang merupakan saudara dari Khalid bin Walid. Al Walid telah lebih dahulu masuk Islam. Al Walid menceritakan bahwa Rasulullah pernah menanyakan Khalid. Kepada Rasulullah, Al Walid kemudian menjawab "Semoga Allah memberinya (Khalid) hidayah". Kemudian Al Walid bercerita, bahwa Rasulullah berkata, "Andaikan Khalid menggunakan kehebatan dan ketangguhannya (yang selama ini dia gunakan untuk yang lain) bersama kaum Muslimin, tentu itu akan menjadi hal yang lebih baik baginya".

Pada akhirnya Allah SWT telah menetapkan Khalid untuk masuk ke dalam agama yang mulia ini. Setelah mengikuti beberapa perang dengan melawan Rasulullah ﷺ, Khalid bertanya kepada Nabi, "Apakah Allah akan mengampuni dosaku selama ini yang telah menentang Islam?" Rasulullah pun berkata, "Islam akan menghapus segala dosa yang telah berlalu".

Khalid pun berkata, "Wahai Rasulullah, doakanlah aku." Rasulullah kemudian berdoa, "Ya Allah, ampunkanlah Khalid atas segala perbuatannya yang menghalangi manusia dari jalanMu." 

Khalid pun terus berjuang di jalan Allah SWT dengan berbagai macam perang yang dia ikuti. Khalid bin Walid pernah dikirim ke Irak dan dapat menguasai Al-Hirah. Kemudian Khalid bin Walid diperintahkan Abu Bakar meninggalkan Irak untuk membantu pasukan yang dipimpin Usamah bin Zaid.

Sampai pada akhirnya Khalid pun wafat, dan tidak dalam keadaan berperang. Sebelum meninggal, Khalid RA  berkata di atas tempat tidurnya bahwa dia akan meninggal secara wajar.

 وما في جسدي شبر إلا وفيه ضربة بسيف ، أو رمية بسهم ، وها أنا أموت على فراشي حتف أنفي كما يموت العير فلا نامت أعين الجبناء

"Aku telah mengikuti perang ini dan itu, sampai-sampai pada tubuhku tidak ada tempat sejengkal pun melainkan terdapat bekas sayatan pedang, tusukan tombak, dan luka akibat terkena panah. Kini aku akan meninggal di atas tempat tidurku secara wajar, sebagaimana matinya seekor unta. Maka dari itu, mata para pengecut tidak akan terpejam." 

 

Sumber: masrawy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement