Selasa 04 May 2021 18:11 WIB

BNI MBanking, Terbaik Diantara Mobile Apps Bank Nasional

BNI Mobile Banking diakui yang terbaik oleh survei Bank Service Excellence Monitor

BNI sukses menghadirkan BNI Mobile Banking sebagai aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik diantara perbankan nasional lainnya. Demikian pengakuan yang diberikan oleh survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI).
Foto: BNI
BNI sukses menghadirkan BNI Mobile Banking sebagai aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik diantara perbankan nasional lainnya. Demikian pengakuan yang diberikan oleh survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi telah mendorong masyarakat lebih cepat beradaptasi dengan berbagai layanan keuangan yang semakin digital. Pada saat yang sama, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI juga semakin responsif terhadap kebutuhan masyarakat untuk bertransaksi secara lebih cepat, aman, dan semakin mudah melalui aplikasi penyedia jasa perbankan yang unggul. 

Pada saat kebutuhan masyarakat terhadap perangkat digital semakin meningkat, BNI sukses menghadirkan BNI Mobile Banking sebagai aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik diantara perbankan nasional lainnya. Demikian pengakuan yang diberikan oleh survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI). Berbagai fitur yang dibenamkan di dalam BNI Mobile Banking tertangkap BSEM sebagai layanan digital unggul, melampaui bank – bank nasional penyedia layanan serupa.

“BNI Mobile Banking merupakan salah satu Product Champion yang kami perkuat dalam program transformasi digital kami,” ujar Corporate Secretary BNI Mucharom di Jakarta, Selasa (4 Mei 2021). 

Beberapa fitur terbaik yang ada pada BNI Mobile Banking antara lain fitur pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah atau face recognition, telah menjadi alternatif yang efektif bagi nasabah baru. BNI Mobile Banking juga tangguh dalam melayani masyarakat untuk bertransaksi secara cashless atau contactless transactions, serta branchless banking. Tidak mau kalah dengan perusahaan jasa keuangan digital, BNI Mobile Banking pun menanamkan fitur baru yang memungkinkan pemesanan reksadana dan obligasi ritel secara mobile. Beragam keunggulan tersebut membawa BNI menduduki posisi teratas dalam Kategori 10 Performa Terbaik Mobile Banking 10 Bank Tahun 2020-2021 dari BSEM 2021.

Pencapaian ini didukung oleh jumlah pengguna BNI Mobile Banking yang sudah mencapai 8,56 juta pada Kuartal 1 tahun 2021 atau tumbuh 58,4% dibandingkan Kuartal I Tahun 2020 yang sebesar 5,41 juta nasabah.  Dari sisi nilai transaksi, BNI Mobile Banking mengalami kenaikan Rp 138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2% dibandingkan Maret 2020 yang tercatat sebesar Rp 103 triliun. Sementara dari jumlah transaksi, sebanyak 95 juta pada kuartal I - 2021 atau meningkat 50,4% dibandingkan kuartal I - 2020 yang mencapai 63 juta transaksi.

“Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking disebabkan oleh fitur-fitur baru lainnya yang diluncurkan untuk melengkapi layanan didalamnya, seperti Biometric Login, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet hingga pengembangan QR payment,” ujar Mucharom. 

Asal tahu saja, perseroan tidak hanya memperkuat BNI Mobile Banking dalam menjalankan transformasi digitalnya. BNI juga memperkuat pelayanan digitalnya pada segmen korporasi melalui aplikasi terpadu bernama BNI Direct, serta pengembangan Application Programming Interface (API) Digital Service. Saat ini saja, BNI telah menyediakan 238 API services, terbanyak di antara bank – bank di Indonesia. Saat ini, API Services BNI tersebut telah digunakan oleh lebih dari 3.000 klien.

Pada bulan November 2020 lalu, API Digital Service BNI bahkan telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemenang Best Overall Developer Portal – Community Prize Nominees, menyisihkan pesaing sebanyak 32 API Portal dari korporasi global berbagai negara. BNI menanamkan perhatian serius pada pengembangan API ini sejak tahuh 2018, dan saat ini sudah mulai memberikan hasil.

Penghargaan lain

Selain penghargaan bagi aplikasi BNI Mobile Banking, BSEM juga menganugerahkan empat penghargaan lain sebagai yang terbaik dalam setiap kategorinya. Pertama, BNI meraih posisi pertama dalam kategori Performa Terbaik Call Center 10 Bank Tahun 2020-2021. Ini merupakan buah dari kinerja layanan BNI Call 1500046 yang dapat dinikmati nasabah BNI selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, baik menggunakan fitur Interactive Voice Response (IVR) maupun langsung ke petugas BNI Call Officer.

Kedua, BNI kembali berhasil meraih posisi pertama dalam kategori Performa Terbaik Phone Banking Tahun 2020-2021. Penghargaan Ketiga, BNI menduduki posisi pertama dalam kategori Performa CRM - Public Area 5 Bank Konvensional Tahun 2020-2021.  Penghargaan Keempat, BNI meraih posisi pertama dalam kategori 10 Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima Contact Center Tahun 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement