Pembagian Zakat, Masjid At-Tin Hindari Kerumunan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 04 May 2021 17:43 WIB

Pembagian Zakat, Masjid At-Tin Hindari Kerumunan. Foto: Ilustrasi Zakat Foto: Republika/Prayogi Pembagian Zakat, Masjid At-Tin Hindari Kerumunan. Foto: Ilustrasi Zakat

Masjid At-Tin hindari kerumunan saat pembagian zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid At-Tin akan menghindari kerumunan dalam mendistribusikan zakat pada Ramadhan 1442 hijriah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Peribadatan Masjid At-Tin, Ustaz Karnali.

"Pembagian zakat di Masjid At-Tin nanti akan menghubungi penerimanya, dia akan datang sesuai dengan hari dan jam yang ditentukan. Nanti di ruangan  akan antri dan ada petugas di dalamnya," kata Ustaz Karnali pada Selasa (4/5).

Dia mengatakan, zakat tahun ini akan didistribusikan kepada fakir miskin di wilayah masjid At-Tin. Kemudian juga karyawan masjid At-Tin yang membutuhkan bantuan pendidikan.

"Pendistribusian ke Yayasan, kami masih dalam tahap seleksi. Mana yang perlu dikasih, dan mana yang sudah dapat jadi tidak perlu diberikan," kata Karnali.

Sebelumnya Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar penyaluran zakat yang dilakukan jangan sampai menimbulkan kerumunan. Menag meminta panitia zakat di mushola atau masjid untuk menerapkan protokol kesehatan dalam penerimaan dan penyaluran zakat.

"Pembagian zakat tidak boleh sampai membuat terjadinya kerumunan. Jangan sampai ada kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana para mustahik berdesakan," kata Yaqut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X