Selasa 04 May 2021 17:11 WIB

Kisah Kedermawanan Asma' binti Abu Bakar

Asma', dia tidak menyimpan sesuatu untuk besoknya.

Asma' binti Abu Bakar dikenal sebagai perempuan yang dermawan
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Asma' binti Abu Bakar dikenal sebagai perempuan yang dermawan

REPUBLIKA.CO.ID,  Asma' binti Abu Bakar telah masuk Islam sejak di Makkah setelah 17 orang lainnya masuk Islam sebelum dirinya. Dia juga ikut membai’at (mengucapkan janji setia) Nabi SAW dan beriman dengan apa yang diajarkan padanya. Imannya kokoh pengamalan Islamnya baik.

Suatu saat, Asma mengunjungi Rasulullah SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, di rumahku tidak terdapat apa pun kecuali sesuatu yang diberikan oleh Zubair. Bolehkah aku memberikan (menyedekahkan) sesuatu yang sedikit itu kepada orang yang mengunjungi rumahku?"

Baca Juga

Nabi SAW menjawab, "Berikanlah (bersedekahlah) sesuai kemampuanmu dan jangan menahannya agar tidak ditahan pula suatu pemberian terhadapmu."

Tentang kedermawanan Asma' ini, Abdullah bin Zubair (putranya) berkata, "Tidaklah kulihat dua orang wanita yang lebih dermawan daripada Aisyah dan Asma'. Kedermawanan mereka berbeda. Adapun Aisyah, sesungguhnya dia suka mengumpulkan sesuatu, hingga setelah terkumpul semua, dia pun membagikannya. Sedangkan Asma', dia tidak menyimpan sesuatu untuk besoknya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement