Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

STP Khoiru Ummah Jember Bagikan Zakat dan Sembako

Agama | Tuesday, 04 May 2021, 14:56 WIB
Seremonial peletakan batu pertama di tempat yang akan dibangun gedung SMP Khoiru Ummah Jember

Memasuki sepertiga terakhir Ramadhan 1442 H, PKBM Sekolah Tahfidz Plus (STP) Khoiru Ummah Jember tingkat SD mengadakan agenda Khoiru Ummah (KU) Berbagi pada Sabtu (1/5/2021) di daerah Plalangan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Ini merupakan kegiatan bantuan sosial dengan membagikan zakat dan sembako kepada fakir miskin dan duafa.

Selama Ramadhan, Khoiru Ummah mengadakan berbagai agenda untuk meningkatkan keimanan para siswa. Agenda itu diawali dari Ramadhan Mubarak selama dua pekan pertama, dilanjut dengan itikaf, dan ditutup dengan KU Berbagi.

Ketua pelaksana, Tri Wahyuni mengatakan, KU Berbagi adalah bagian puncak dari serangkaian kegiatan selama Ramadhan. Setiap tahun, kami mengadakan KU Berbagi di tempat yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, KU Berbagi diadakan di tempat yang akan segera dibangun SMP Khoiru Ummah yaitu di daerah Plalangan, Bintoro, tuturnya.

Setiap agenda Ramadhan yang diselenggarakan Khoiru Ummah mempunyai target atau tujuan untuk para siswa. Adapun agenda KU Berbagi, kata Wahyuni, bertujuan melatih siswa gemar berinfak dan juga melatih siswa peduli kepada fakir miskin dan duafa. Di samping itu, agenda itu juga bermaksud memperkenalkan Khoiru Ummah kepada masyarakat sekitar.

Kami telah mengumpulkan zakat beras dan uang donasi dari para guru, wali murid, dan murid Khoiru Ummah. Uang tersebut kemudian kami belikan sembako. Itu semua kami packing dan kami berikan kepada seratus fakir miskin dan duafa di sana, terang Wahyuni.

Sebelum KU Berbagi dimulai, pihaknya terlebih dahulu mengadakan agenda seremonial peletakan batu pertama di tempat itu untuk bakal pembangunan gedung SMP Khoiru Ummah. Pada agenda awal yaitu peletakan batu pertama, kami turut mengundang beberapa tokoh masyarakat sekitar, seperti ketua RW 07 beserta bawahannya yaitu RT 01, RT 02, dan RT 03, guru mengaji, termasuk pihak pengembang yang akan membangun gedung SMP KU, katanya.

Lebih lanjut, ketua Yayasan Khoiru Ummah Jember, Gadinia Bunga Vita menuturkan, setelah peletakan batu pertama, pihaknya berharap segera ada progres pembangunan gedung SMP. Kami berharap santri kami sudah bisa menempati gedung SMP pada tahun ajaran 2022/2023, tutur Bunga. Berdirinya SMP, kata Bunga, adalah bentuk kepedulian yayasan Khoiru Ummah terhadap pendidikan yang mencetak generasi berkepribadian Islam dan penghafal Alquran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image