Selasa 04 May 2021 13:14 WIB

Ahmadinejad Ungkap Kebaikan Sheikh Qatar Tebus Tentara Iran

Mantan Emir Qatar membayar 57 juta dolar AS untuk menebus tentara Iran yang ditahan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Reuters/Brendan McDermid
Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, bahwa mantan Emir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani membayar 57 juta dolar AS sebagai tebusan pembebasan 57 tentara Iranian Revolutionary Guard Corps (IRGC). Puluhan tentara Iran ditangkap oleh kelompok bersenjata di Suriah pada 2012.

"Tebusan itu terjadi pada awal krisis Suriah pada 2012," ujar Ahmadinejad kepada pertemuan pendukung di Busheher dilansir laman Middle East Monitor, Selasa (4/5). Saat itu, kata dia, kelompok oposisi bersenjata menyergap sebuah bus yang membawa tentara IRGC di Damaskus selatan, dan kemudian menangkap semua tentara di dalamnya.

Baca Juga

Menurut Ahmadinejad, setelah Teheran dan pemerintah Suriah gagal membebaskan tahanan, Iran menghubungi pejabat Qatar yang menjalin kontak dengan kelompok tersebut. Hasilnya, Iran sepakat membayar uang tebusan atas nama Teheran.

Ahmadinejad menambahkan, bahwa emir Qatar menolak untuk menerima cek senilai 57 juta dolar AS yang dikirim oleh Teheran sebagai imbalan uang tebusan. Namun membenarkan bahwa dia melakukannya demi persahabatan antara kedua bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement