Jumat 14 May 2021 17:51 WIB

Doa Nabi Zakaria Agar Dikaruniai Anak

Nabi Zakaria khawatir kaumnya akan tersesat setelahnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Doa Nabi Zakaria Agar Dikaruniai Anak
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Nabi Zakaria Agar Dikaruniai Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Nabi Zakaria AS memasuki umur paruh baya, ia meminta kepada Allah agar dikaruniai seorang anak lelaki yang bisa mewarisi kenabiannya. Sebab, dia khawatir kaumnya akan tersesat setelahnya yang tidak ada seorang nabi setelahnya.

Dalam bacaan doanya, ia sangat meminta kepada Allah karena istrinya sudah tua dan mandul. Allah berfirman dalam surat Maryam ayat 2-6 berbunyi:

Baca Juga

ذِكْرُ رَحْمَتِ رَبِّكَ عَبْدَهٗ زَكَرِيَّا ۚ

اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ نِدَاۤءً خَفِيًّا

قَالَ رَبِّ اِنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَّلَمْ اَكُنْۢ بِدُعَاۤىِٕكَ رَبِّ شَقِيًّا

وَاِنِّيْ خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَّرَاۤءِيْ وَكَانَتِ امْرَاَتِيْ عَاقِرًا فَهَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّا ۙ

يَّرِثُنِيْ وَيَرِثُ مِنْ اٰلِ يَعْقُوْبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

Zikru raḥmati rabbika ‘abdahụ zakariyyā. Iż nādā rabbahụ nidā`an khafiyyā. Qāla rabbi innī wahanal-‘aẓmu minnī wasyta’alar-ra`su syaibaw wa lam akum bidu’ā`ika rabbi syaqiyyā. Wa innī khiftul-mawāliya miw warā`ī wa kānatimra`atī ‘āqiran fa hab lī mil ladungka waliyyā. Yariṡunī wa yariṡu min āli ya’qụba waj’al-hu rabbi raḍiyyā.

“Yang dibacakan ini adalah penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria, (yaitu) ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu, yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga Yakub; dan jadikanlah dia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement