Selasa 04 May 2021 12:13 WIB

Investasi Bioteknologi Kuba Lahirkan Vaksin Covid-19

Kuba mengembangkan lima vaksin Covid-19

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid 19 (ilustrasi)
Foto: Flickr
Vaksin Covid 19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Kuba memiliki lima vaksin yang sedang dikembangkan untuk melawan Covid-19. Upaya itu merupakan hasil dari usaha Kuba dalam mengembangkan bidang kesehatan.

"Persepsi orang tentang Kuba adalah musik, mobil tua, rum, dan pantai. Namun, sejak awal 1980-an, Kuba telah melakukan investasi besar dalam bidang bioteknologi dan para ilmuwannya" kata profesor patologi di University College London, Dr Miguel Perez-Machado.

Baca Juga

Kuba merupakan negara pendapatan per kapita terdaftar di atas 4.000 dolar AS, artinya negara itu bukan salah satu dari 92 negara yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin gratis melalui COVAX. Padahal negara ini sedang mengalami keruntuhan ekonomi dan untuk mengatasinya mereka menggunakan infrastruktur yang dibangun dari tahun 1980-an, para ilmuwan Kuba mulai bekerja menggunakan kembali vaksin yang dibuat sebelumnya.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan Kuba telah mengembangkan vaksin untuk berbagai macam penyakit, termasuk hepatitis, tetanus, dan meningitis meningokokus atau infeksi mengerikan yang mengobarkan selaput otak. Sekarang platform pengembangan vaksin Covid-19 telah dikembangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement