Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Survei: 1 dari 2 Orang Kehilangan Pekerjaan Akibat COVID-19

Kamis 06 May 2021 03:41 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Survei: 1 dari 2 Orang Kehilangan Pekerjaan Akibat COVID-19

Survei: 1 dari 2 Orang Kehilangan Pekerjaan Akibat COVID-19

Satu dari dua orang di seluruh dunia mengalami penurunan penghasilan karena pandemi

Gallup, perusahaan jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) melakukan survei terhadap 300.000 orang di 117 negara dan menemukan bahwa setengah dari mereka atau sekitar 1,6 miliar orang dewasa mengalami penurunan pendapatan disebabkan pandemi COVID-19.

"Di seluruh dunia, persentase ini berkisar dari yang tertinggi 76% di Thailand hingga yang terendah 10% di Swiss,” kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Di Bolivia, Myanmar, Kenya, Uganda, Indonesia, Honduras, dan Ekuador, lebih dari 70% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka membawa pulang lebih sedikit uang dibanding sebelum pandemi merebak. Sementara di AS, persentasenya juga turun menjadi 34%.

Krisis COVID-19 telah melanda para pekerja di seluruh dunia, terutama wanita di sektor ritel, pariwisata, dan layanan makanan. Sebuah studi oleh badan amal internasional Oxfam pada Kamis (29/04) mengatakan wanita di seluruh dunia kehilangan pendapatan sekitar $ 800 miliar (Rp 11.525 triliun).

1,7 miliar orang dewasa terdampak

Jajak pendapat Gallup menemukan bahwa lebih dari setengah dari mereka yang disurvei untuk sementara berhenti bekerja, sehingga total keseluruhan menjadi 1,7 miliar orang dewasa kehilangan penghasilan.

Di 57 negara termasuk India, Zimbabwe, Filipina, Kenya, Bangladesh, El Salvador, lebih dari 65% responden mengatakan mereka berhenti bekerja untuk sementara waktu.

Satu dari 10 orang yang memiliki pekerjaan di Austria, Swiss, dan Jerman juga mengatakan bahwa mereka berhenti bekerja untuk sementara.

Angka-angka ini juga bervariasi di negara berpenghasilan rendah seperti Filipina, Kenya, dan Zimbabwe yang menunjukkan lebih dari 60% responden kehilangan pekerjaan atau bisnis, dibandingkan dengan 3% di Swiss dan 13% di Amerika Serikat.

ha/gtp (Reuters)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA