Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Menlu Filipina Kritik Pedas Kapal China di LCS

Selasa 04 May 2021 09:50 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Peta klaim Laut China Selatan

Peta klaim Laut China Selatan

Foto: Wikipedia
Ratusan kapal China dinilai masuk zona ekonomi ekslusif Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengkritik pedas dan meminta kapal-kapal China harus keluar dari perairan yang disengketakan di Laut China Selatan, Senin (3/5). Komentarnya mengikuti protes Manila atas kehadiran ilegal dari ratusan kapal China di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil Filipina.

"China, temanku, seberapa sopan aku bisa mengatakannya? Coba aku lihat ...O..KELUAR," ujar Locsin di akun Twitter pribadinya.

Baca Juga

Kementerian Luar Negeri Filipina menuduh penjaga pantai China membayangi, memblokir, melakukan manuver berbahaya, dan menantang radio dari kapal penjaga pantai Filipina. Sebelumnya, Manila berjanji untuk melanjutkan latihan maritim di ZEE Laut China Selatan sebagai tanggapan atas permintaan Beijing untuk menghentikan tindakan yang dikatakannya dapat meningkatkan perselisihan.

"Apa yang kamu lakukan untuk persahabatan kita? Kamu. Bukan kami. Kami sedang berusaha. Kamu. Kamu seperti orang bodoh yang memaksa perhatianmu pada pria tampan yang ingin menjadi teman; bukan untuk menjadi ayah dari provinsi China..., " kata Locsin. 

Baca juga : Bill Gates dan Melinda Gates Cerai Setelah 27 Tahun Nikah

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA