Selasa 04 May 2021 08:38 WIB

Ini Alasan Vitamin C Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin C merupakan tidak bisa disimpan ketika berlebih dalam tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ratna Puspita
Kebutuhan vitamin C harus dipenuhi setiap hari.
Foto: Republika.co.id
Kebutuhan vitamin C harus dipenuhi setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era new normal ini, masyarakat semakin sadar dengan pentingnya pola hidup bersih dan sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin kesehatan, yang membantu memelihara daya tahan tubuh.

Ahli Gizi Dr Rita Ramayulis mengatakan, tubuh kita mempunyai sistem imunitas Innate atau dibawa dari lahir dan adaptif atau diperoleh setelah lahir misalnya karena terinfeksi atau melalui vaksinasi. Karena itu, sistem imun tubuh ini tetap harus dijaga fungsinya agar tetap kuat.

Baca Juga

“Penjaganya adalah beberapa zat gizi seperti protein, vitamin C, zinc, zat besi, vitamin A, dan vitamin D. Nah, penjaga inilah yang kita sebut bodyguard,” kata dia dalam peluncuran virtual Segar Dingin SDC-1000 Wings Food.

Tubuh kita setiap saat mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Dr Rita juga mengingatkan bahwa aktivitas yang padat, akan memberikan berbagai tekanan psikologis yang tentunya akan berpengaruh pada fisiologis tubuh.

Tak hanya itu, tekanan tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya stres fisiologis dan psikologis yang akan menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas, termasuk dari aktivitas tubuh kita seperti bernapas. Ia juga menyampaikan bahwa faktor penyebab lainnya adalah kualitas dan kuantitas tidur yang tidak mencukupi.

Karena itu, selain konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dibutuhkan asupan ‘bodyguard’ agar kondisi tubuh lebih terjaga. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan.

Baca juga : Zakat Bayi yang Lahir di Akhir Ramadhan

Jadi, kebutuhan vitamin C ini memang harus dipenuhi setiap hari. Setiap orang membutuhkan sekitar 1,5 gram vitamin C per kilogram berat badan. Vitamin C juga mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Vitamin C juga merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang. Dalam berbagai penelitian juga menjelaskan, ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak. Segar Dingin SDC-1000 yang baru saja diluncurkan Wings Food bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari.

“Segar Dingin SDC-1000 ini mengandung vitamin C, madu, dan ekstrak mint, sebagai ‘bodyguard’ tubuh. Sehingga, generasi muda kita bisa menjadi generasi anti-ngedrop,” kata Marketing Manager Powdered Drinks Wings Group, Budi Santoso, dalam kesempatan yang sama.

Minuman suplemen kesehatan yang tersedia di dalam dua varian rasa ini, yaitu Orange dan Jeruk Nipis, hadir dengan formula Triple Protection, yang terdiri atas kandungan vitamin C dengan khasiatnya untuk memelihara daya tahan tubuh, madu yang telah terbukti dapat memperkuat imunitas, dan ekstrak mint yang kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas.

Penyanyi Fatin Shidqia, juga bercerita mengenai aktivitas sehari-harinya yang padat dan caranya dalam mengakali kondisi tubuh agar selalu prima. Karena di tengah kesibukannya sebagai penyanyi, membuat konten Youtube, dan lain-lainnya, ia sering dihadapkan dengan deadline.

“Aku harus pinter-pinter bagi waktu supaya semuanya bisa aku kerjain dengan baik. Belum lagi waktu untuk ngelakuin hobi aku biar nggak stres. Nah, biar nggak kelelahan dan nggak gampang sakit, aku selalu mengonsumsi suplemen kesehatan kayak vitamin C, karena ini sangat membantuku banget untuk menjaga daya tahan tubuh,” ucap penyanyi yang menyukai hal-hal bernuansa Jepang itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement