Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

7 Cara Cegah Kenaikan Berat Badan

Selasa 04 May 2021 03:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Ada cara sederhana yang efektif cegah kenaikan berat badan.

Ada cara sederhana yang efektif cegah kenaikan berat badan.

Foto: www.freepik.com
Ada cara sederhana yang efektif cegah kenaikan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penambahan berat badan dapat terjadi secara perlahan akibat gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Biasanya, situasi ini baru disadari ketika baju atau celana mulai terasa menyempit.

Sebagian orang mungkin akan mencari jalan pintas untuk mengatasi masalah penamabahan berat badan ini, seperti mengandalkan jus detox atau lainnya. Padahal, jalan pintas untuk mencegah kenaikan berat badan seringkali hanya berujung pada pemborosan yang sia-sia.

Ada cara-cara yang sebenarnya lebih sederhana dan terbukti efektif dalam mencegah kenaikan berat badan. Berikut ini adalah delapan di antaranya, seperti dilansir EatingWell, Selasa (4/5).

Baca Juga

 

Lebih Banyak Aktivitas

Coba perbanyak melakukan gerakan non exercise activity thermogenesis (NEAT). Gerakan NEAT meliputi aktivitas yang dilakukan sepanjang hari namun bukan latihan yang terstruktur, olahraga, tidur, atau makan. Beberapa di antaranya adalah berjalan kaki, membersihkan rumah, atau memilih naik tangga dibandingkan naik lift.

Meski tak terlihat signifikan, gerakan NEAT dapat membakar sekitar 6-10 persen dari total kalori pada orang-orang bergaya hidup sedernatari dan hingga 50 persen dari total kalori pada orang-orang bergaya hidup aktif.

 

Pantau Makanan Selama Dua Pekan

Memantau pola makan merupakan salah satu cara paling efektif dalam mencegah kenaikan berat badan. Pemantauan ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan setiap maknana yang dikonsumsi ke dalam sebuah jurnal. Cara lainnya adalah memfoto makanan yang dikonsumsi atau menggunakan aplikasi penghitung kalori.

"Kalori tetap berperan lebih besar dibandingkan yang lainnya, terutama seiring dengan pertambahan usia Anda, metabolisme Anda melambat," jelas ahli gizi Cheryl Mussatto MS RD LD.

Akan tetapi, pemantauan ini tak perlu dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup lakukan pemantauan ini sekitar dua pekan untuk mengenali dan memperbaiki perilaku makan diri sendiri demi menjaga berat badan.

 

Libur dari Pesan-Antar Makanan

Porsi makanan dari layanan pesan-antar makanan seringkali melebihi besaran porsi yang perlu dikonsumsi. Selain itu, makanan dari layanan pesan-antar juga kerap disertai dengan beragam pelengkap seperti saus atau dip untuk mencocol makanan yang tinggi kalori.

Oleh karena itu, penting untuk tidak selalu bergantung pada makanan dari layanan pesan-antar. Sekalipun ingin memesan makanan seperti ini, tetap perhatikan porsi dan batasi konsumsi saus secukupnya saja.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA