Selasa 04 May 2021 02:25 WIB

Kemenaker-PNM Dorong Anak Muda Berwirausaha

Calon wirausaha dibimbing dalam jangka waktu tertentu.

Rep: Novita Intan/ Red: Satria K Yudha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mendorong masyarakat, khususnya anak muda, mengembangkan diri menjadi seorang wirausahawan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, hal tersebut didorong dengan menggulirkan program wirausaha baru tenaga kerja mandiri (WBTKM). 

Ida menjelaskan, program ini memfasilitasi kaum muda yang memiliki minat berwirausaha dengan menyediakan teknologi untuk mendorong kreativitas dalam mendukung industri kreatif.  "Inkubasi bisnis ini merupakan tahapan memberdayakan wirausaha maupun calon wirausaha potensial melalui kegiatan bimbingan dalam jangka waktu tertentu dengan pendampingan usaha berbasis pemanfaatan sumber daya lokal yang kreatif dan inovatif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (3/5).

Menurutnya, salah satu ikhtiar transformasi kewirausahaan ini dilakukan dengan menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PT PNM sebagai mitra program wirausaha. Langkah ini diyakini pula dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

“Kerja sama ini untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dan juga diharapkan berdampak positif pada masyarakat. Diharapkan usaha rintisan program ini dapat menjadi pencipta lapangan kerja baru dan kekuatan perekonomian,” ucapnya.

Ia menambahkan, Kementerian Ketenagakerjaan juga memberikan bantuan sarana usaha agar pengetahuan yang diterima masyarakat dapat diimplementasi menjadi suatu produk berkualitas baik dan memiliki daya saing.

Kementerian Ketenagakerjaan, kata dia, meluncurkan program kewirausahaan inkubasi bisnis dengan tujuan menjadikan pelaku wirausaha yang tangguh, inovatif, kreatif, serta berdaya saing tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement