Senin 03 May 2021 22:41 WIB

Rusia Tambahkan 8 Pejabat Parlemen UE dalam Daftar Hitam

Rusia memasukkan pejabat Eropa ke daftar hitam sebagai pembalasan atas sanksi UE

Red: Nur Aini
Rusia pada akhir pekan lalu mengumumkan mereka telah memasukkan delapan pejabat Uni Eropa ke daftar hitam, termasuk David Sassoli, anggota parlemen Uni Eropa (UE).
Rusia pada akhir pekan lalu mengumumkan mereka telah memasukkan delapan pejabat Uni Eropa ke daftar hitam, termasuk David Sassoli, anggota parlemen Uni Eropa (UE).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia pada akhir pekan lalu mengumumkan mereka telah memasukkan delapan pejabat Uni Eropa ke daftar hitam, termasuk David Sassoli, anggota parlemen Uni Eropa (UE).

Dalam sebuah pernyataan, otoritas Rusia mengatakan sanksi itu sebagai pembalasan atas enam orang Rusia yang dimasukkan ke daftar hitam awal Maret ini. Kementerian luar negeri Rusia mengecam tindakan Uni Eropa itu "tidak sah, bertentangan dengan Piagam PBB, norma dasar undang-undang internasional."

Baca Juga

"Semua proposal kami untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul antara Rusia dan UE dalam modus dialog profesional langsung secara konsisten diabaikan atau ditolak.

"Tindakan Uni Eropa seperti itu tidak diragukan lagi bahwa tujuan mereka yang sebenarnya adalah untuk menahan perkembangan negara kita dengan biaya berapa pun. Menerapkan konsep sepihaknya tentang 'tatanan dunia berbasis aturan' yang merusak hukum internasional. Secara terbuka menantang kemerdekaan kebijakan luar negeri dan dalam negeri Rusia," kata kementerian itu.

Rusia juga menuduh AS mencampuri hubungan Rusia-UE, dan mengatakan Brussel melakukan langkah-langkah tidak bersahabat atas dorongan Washington, "yang tidak menyembunyikan minatnya untuk mengubah Eropa menjadi arena konfrontasi geopolitik akut."

Selain Sassoli, kementerian Rusia itu juga memasukkan pejabat dari Latvia, Prancis, Jerman, Swedia dan Estonia ke dalam daftar hitam, serta Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Nilai dan Transparansi Vera Jourova.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/rusia-tambahkan-8-pejabat-parlemen-uni-eropa-dalam-daftar-hitam/2226305
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement