Senin 03 May 2021 20:01 WIB

Nilai Ethereum Tembus 3.000 dolar AS

Nilai ethereum ini mengalahkan bitcoin yang lebih besar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Nilai ethereum ini mengalahkan bitcoin yang lebih besar.
Foto: Anadolu
Nilai ethereum ini mengalahkan bitcoin yang lebih besar.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Cryptocurrency Ethereum menembus angka 3.000 dolar Amerika Serikat (AS) pada Senin (3/5). Ether mencetak rekor baru tertinggi dalam rapat umum yang telah mengalahkan bitcoin yang lebih besar. 

Investor bertaruh bahwa Ether akan lebih banyak digunakan dalam sistem keuangan masa depan yang terdesentralisasi. Ether, token yang ditransaksikan di ethereum blockchain, naik tiga persen di bursa Bitstamp menjadi 3.051,99 dolar AS saat makan siang di Asia. Ini naik lebih dari 300 persen untuk tahun ini sejauh ini, dengan mudah melampaui kenaikan 95 persen di bitcoin yang lebih populer.

Baca Juga

“Sebagian, rapat umum besar adalah mengejar ketinggalan hingga akhir 2020 dalam bitcoin,” kata James Quinn, Direktur pelaksana di Q9 Capital dan manajer kekayaan pribadi cryptocurrency Hong Kong, dilansir dari Japan Today, Senin (3/5).

Ini juga mencerminkan peningkatan pada ethereum blockchain. Kemudian juga pergeseran yang berkembang menuju “DeFi”, atau keuangan terdesentralisasi, yang mengacu pada transaksi di luar perbankan tradisional di mana ethereum blockchain adalah platform penting.

“Pada awalnya, reli benar-benar dipimpin oleh bitcoin karena banyak investor institusional datang ke tempat tersebut. Itu akan menjadi tempat panggilan alami pertama mereka,” kata Quinn.

“Tapi karena rapat umum telah matang selama enam bulan terakhir, Anda memiliki DeFi dan banyak DeFi dibangun di atas ethereum,” ujarnya lagi.

Peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa eter di Kanada dan melonjaknya permintaan dompet ether untuk bertransaksi dengan token yang tidak dapat dipertukarkan seperti seni digital juga telah menaikkan harga. Nilai silang ether/bitcoin telah melonjak lebih dari 100 persen tahun ini dan mencapai tertinggi 2,5 tahun pada Ahad (2/5), menunjukkan tingkat rotasi ke cryptocurrency terbesar kedua karena investor mendiversifikasi eksposur mereka.

“Volume DeFi yang meningkat terus mendorong harga ethereum lebih tinggi karena investor mendapatkan kepercayaan pada crypto dan melihat ethereum sebagai aset tempat kedua yang aman,” kata Jehan Chu, mitra pengelola di perusahaan modal ventura blockchain Hong Kong, Kenetic Capital.

Menggambarkan momentum untuk transaksi baru seperti itu, Bloomberg melaporkan pekan lalu bahwa Bank Investasi Eropa berencana menerbitkan obligasi digital melalui blockchain Ethereum. Sementara JP Morgan merencanakan dana bitcoin yang dikelola.

Bitcoin, aset kripto terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar lebih dari satu triliun dolar AS, mendapatkan kembali 50 ribu dolar AS pekan lalu dan berada di sekitar 58 ribu dolar AS pada Senin, naik sekitar tiga persen tetapi jauh di bawah rekor tertinggi di 64.895,22 dolar AS. Dolar AS secara umum stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement