Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Daop 3 Salurkan Bantuan Rp 25 Juta untuk Porter Stasiun

Senin 03 May 2021 18:57 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

Penumpang turun dari kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat.

Penumpang turun dari kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat.

Foto: ANTARA/dedhez anggara
Ada 100 porter di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan yang menerima bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan santunan senilai Rp 25 juta kepada porter stasiun di Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan, Senin (3/5). Bantuan tersebut diberikan dalam rangka program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sembako Gratis Ramadhan Tahun 2021.

Ada 100 porter di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan yang menerima bantuan tersebut. Bantuan itu berupa paket sembako gratis senilai Rp 250 ribu per paket, yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, dan sirup.

Selain di Stasiun Cirebon, pembagian paket sembako bagi para porter juga dilakukan serentak di 12 wilayah kerja PT KAI. Yaitu, Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjung Karang.

Adapun total bantuan TJSL secara keseluruhan berjumlah Rp 328.250.000. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi porter sebanyak 1.313 orang.

"Ini merupakan bentuk perhatian dan keperdulian kami kepada porter stasiun, yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan KAI di stasiun," ujar Vice President Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso, saat menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di Stasiun Cirebon, Senin (3/5).

Takdir mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan volume pelanggan kereta api. Hal itu akhirnya turut berdampak kepada para porter di stasiun, yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasa mereka.

Porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut.

"Semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu para porter dalam memenuhi kebutuhan pokok pada bulan Ramadhan ini," ucap Takdir. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA