Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Ini Syarat Sekolah Tatap Muka Menurut Guru Besar FK UI

Senin 03 May 2021 18:51 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak Soedjatmiko mengatakan, ada beberapa persiapan sebelum membuka sekolah tatap muka, termasuk kasus Covid-19 yang terus turun. (ilustrasi)

Foto:
Syarat utama kasus baru Covid-19 dan kematian harus turun di wilayah itu

Sementara itu, dia melanjutkan, ada beberapa hal juga yang harus disiapkan orang tua juga anak sebelum sekolah tatap muka dibuka. Yakni masker yang sesuai dengan ukuran wajah anak dalam jumlah cukup dan melatih anaknya membiasakan memakai masker terus menerus selama beberapa jam. Orang tua juga harus melatih anaknya segera cuci tangan dengan benar ketika baru sampai sekolah, sebelum pulang dan sampai dirumah dan melatih anak jangan berdekatan dgn orang lain, di jalan dan di sekolah.

"Kalau orangtua dan anak belum siap, tunda sekolah," kata Soedjatmiko.

Terakhir, dia juga menyebut, pembukaan sekolah harus dilakukan bertahap. Misalnya mahasiswa dan sekolah menengah atas (SMA) terlebih dahulu 1-2 pekan. Jika protokol kesehatan dipatuhi dan tidak terjadi klaster Covid-19 di Perguruan Tinggi dan SMA, dia melanjutkan, maka bisa dilanjutkan di tingkat SMP. Kemudian jika murid di jenjang sekolah ini patuhi protokol kesehatan dan tidak terjadi klaster di SMP makan bisa dilanjutkan di jenjang sekolah dasar (SD) kelas 4, 5, dan 6.

"Kalau mereka patuh dan tidak terjadi klaster di kelas lanjut di kelas 1, 2, dan kelas 3. Kalau tidak terjadi klaster bisa dilanjutkan buka PAUD, KB, dan TK karena peserta PAUD KB TK dan siswa kelas 1-2 mungkin paling sulit untuk mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA