Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Tiga Curug Keren di Jabar yang Wajib Dikunjungi

Sabtu 15 May 2021 00:18 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Friska Yolandha

Curug Cikaso. Momen Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah objek wisata. Larangan mudik ke kampung halaman memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendatangai destinasi wisata yang berada di sekitar rumah.

Curug Cikaso. Momen Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah objek wisata. Larangan mudik ke kampung halaman memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendatangai destinasi wisata yang berada di sekitar rumah.

Foto: Antara/Nurul Ramadhan
Curug atau air terjun dapat menjadi alternatif wisata di tengah larangan mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Momen Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah objek wisata. Larangan mudik ke kampung halaman memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendatangai destinasi wisata yang berada di sekitar rumah.

Bicara soal objek wisata, Jawa Barat (Jabar) memiliki segudang destinasi untuk dikunjungi. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan Jabar tak punya pantai dan pegunungan yang indah.

Wilayah Jabar yang terbagi menjadi 18 kabupaten dan 9 kota ini juga memiliki potensi wisata yang tak kalah keren, yakni air terjun atau curug.  "Sejumlah objek wisata air terjun di Jawa Barat bisa menjadi alternatif pelesir bagi Anda yang bosan dengan pantai atau wisata swafoto semata. Jabar juga memiliki banyak curug yang keren," ujar Dedi, Senin (3/5).

Berikut beberapa wisata air terjun atau curug yang bisa anda catat sebagai salah satu daftar tujuan berlibur.

1. Curug Jagapati

Curug Jagapati terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kaupaten Garut. Air terjun ini berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Jalan Raya Garut-Cikajang. Untuk menuju curug, Anda perlu berjalan kaki. Karena itu semua disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman.

Selain dimanjakan pemandangan air terjun yang eksotis, pengunjung juga akan disuguhi rindang dan asrinya pepohonan di sekitar loksi. Salah satu tujuan favorit pengunjung untuk datang ke curug adalah berfoto dengan latar air terjun yang indah. 

"Selain itu, kita juga bisa menikmati kolam renang alami yang cocok untuk menyegarkan badan setelah perjalanan menuju ke Curug Jagapati. Airnya yang jernih bisa jadi penawar penat," kata Dedi.

2. Curug Cikondang

Curug Cikondang belakangan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang mulai banyak didatangi wisatawan. Lokasinya ada di Desa Sungkadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

Curug Cikondang punya karakter yang unik jika dibandingkan curug lainnya. Curug Cikondang relative tak terlalu tinggi namun punya badan yang cukup lebar. Bahkan, Curug Cikondang kerap dijuluki mini Niagara.

Paduan air terjun yang indah dan panorama alam yang hijau bisa menyegarkan mata dan menenangkan jiwa. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menjadikan Curug Cikondang sebagi tujuan wisata khususnya di akhir pekan.

Tak hanya bisa menikmati indahnya panorama dari atas air terjun dan pemandangan alam di sekitarnya yang hijau dan asri, disana juga kalian bisa mengacu ardernaline dengan canyoning tepat di dalam curug tersebut. 

"Pastinya safety karena ada tim Lifeguard yang memandu kita di sana," ujar Dedi.

Curug Cikondang jugaa menyediakan fasilitas lahan untuk tenda buat pengunjung yang mau bermalam di dekat Curug Cikondang. Bisa dibayangkan serunya menginap sambil ditemani suara derasnya air Curug Cikondang.

3. Curug Cikaso

Curug Cikaso menjadi salah satu air terjun paling keren di Jawa Barat. Curug Cikaso merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh. Lokasinya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

"Untuk sampai ke Curug Cikaso, dari pintu masuk destinasi, kalian bisa menggunakan perahu sekitar satu kilometer menyusuri sebuah sungai atau bisa jalan kaki sambil melihat pesawahan dan pepohonan," kata Dedi.

Curug Cikaso menawarkan Keindahan air terjun yang Jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi Perpohonan yang rimbun. Saking indahnya, banyak wisatawan yang menganggap Curug ini seperti lukisan.

Air dari Curug Cikaso ini memiliki tiga jalur air terjun canti yang diberi nama Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah) dan Curug Aki (kanan). Ketiga tumpahan air tersebut ditampung sebuah kolam besar yang sangat asyik untuk berenang atau bermain air. Selain airnya yang mengalir dengan sangat deras curug Ini juga memiliki air yang sangat segar dan indah.

"Sdestinasi wisata air terjun ini bisa dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga atau teman. Tapi tetap harus menjaga protol kesehatan," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA