Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Ini Pengalihan Pengguna KRL di Stasiun Tanah Abang

Senin 03 May 2021 04:29 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo

Foto: Republika/Flori Sidebang
Stasiun Tanah Abang tak layani pengguna keluar/masuk stasiun pukul 15.00-19.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Stasiun Tanah Abang tidak akan melayani pengguna keluar maupun masuk stasiun. Dia menyebut, aturan itu mulai berlaku Senin (3/5) hari ini.

"Mulai hari Senin 3 Mei 2021, Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna keluar/masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Ahad (2/5).

Baca Juga

Syafrin menjelaskan, layanan penumpang KRL diatur, yakni penumpang dari arah Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong (Lintas Barat) layanan hanya sampai Stasiun Palmerah. Bagi penumpang dari arah Bogor/ Depok/ Nambo-Angke/Jatinegara PP, Stasiun Tanah Abang tidak melayani naik-turun penumpang pada waktu yang telah ditentukan tersebut. "Pengguna diwajibkan naik turun dari Stasiun Karet, Duri atau Angke," ujar dia.

Kendati demikian, ia belum menjelaskan secara rinci mengenai jangka waktu pelaksanaan aturan tersebut. Syafrin hanya menyebut, bakal dilaksanakan evaluasi untuk menyesuaikan penerapan aturan berikutnya. 

"Akan dilakukan evaluasi pelaksanaannya, menyesuaikan dengan data dan respons pengguna untuk hari-hari berikutnya," tutur dia. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan PT KCI terkait penyesuaian jam operasional KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menurut Anies, mulai besok, Senin (3/5), akan ada perubahan jadwal KRL yang melintas di stasiun tersebut sebagai salah satu upaya mengendalikan terjadinya kepadatan pengunjung di pasar tersebut jelang Lebaran 2021. 

"Bahwa situasi di pasar (Tanah Abang) ini jam kedatangan orang berbeda-beda, ada yang pagi dan siang, tapi jam pulangnya bersamaan. Begitu pasar tutup, semua orang pulang bersamaan, maka dari itu mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi Stasiun Tanah Abang," kata Anies usai meninjau Pasar Tanah Abang, Ahad (2/5).

Anies mengungkapkan, mulai besok sore, pukul 15.00-19.00 WIB, KRL tidak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang. Kendati demikian, ia belum menjelaskan secara rinci mengenai perubahan jam operasional KRL tersebut. 

"Sore besok pukul 3 sampai dengan 7, KCI tidak akan berhenti di (Stasiun) Tanah Abang, sehingga enggak angkut penumpang dari sana. Detailnya nanti disampaikan," ujar dia. 

Namun, sambung Anies, untuk alternatif transpotasi umum di lokasi tersebut, Pemprov DKI akan menyediakan bus Transjakarta yang beroperasi dari Jalan Jatibaru menuju stasiun KRL. "Bagi para pedagang atau penumpang yang perlu kendaraan umum bisa difasilitasi kendaraan lain," tutur Anies. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA