Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Ronaldo Dua Gol, Juventus Bangkit Tumbangkan Udinese

Senin 03 May 2021 01:05 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Aksi penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) saat menghadapi Udinese.

Aksi penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) saat menghadapi Udinese.

Foto: EPA-EFE/GABRIELE MENIS
Kemenangan atas Udinese mengangkat posisi Juventus ke tiga besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juventus lolos dari lubang jarum dengan menaklukkan Udinese 2-1 pada laga pekan ke-34 Serie A Liga Italia di Dacia Arena, Udine, Senin (3/5) dini hari WIB. Tuan rumah unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol Nahuel Molina di menit ke-10. Namun, Juventus membalikkan keadaan di sepuluh menit terakhir melalui dua gol Cristiano Ronaldo.

Kemenangan ini mengangkat posisi Juventus ke peringkat tiga dengan nilai 69, sama dengan koleksi poin Atalanta di peringkat kedua dan AC Milan di posisi empat. Hasil ini menambah panas persaingan tim finis di empat besar setelah Inter Milan memastikan gelar juara. Apalagi Juventus akan berhadapan dengan Milan di Stadion Allianz, sepekan lagi. 

Baca Juga

Udinese membuka skor pada menit kesepuluh. Gol tuan rumah berawal dari tendangan bebas De Paul di luar kotak penalti. Tembakannya mengarah ke Molina. Tanpa penjagaan Molina menerobos ke area penalti dan melepaskan tembakan tinggi ke atap gawang. Skor 1-0 untuk tuan rumah. 

Gol ini memberikan tekanan ke Juventus. Nyonya Tua mendapat hadiah tendangan bebas di menit ke-15. Cuadrado melepaskan umpan dari situasi bola mati ke area penalti. Namun kiper Simone Scuffet dengan sigap meninggalkan posisinya untuk berduel di udara dengan De Ligt. Dengan tinjunya, sang kiper menjauhkan Udinese dari bahaya. 

Di menit ke-27 Juventus hampir menyamakan kedudukan saat Ronaldo menerima umpan tendangan sudut oleh Cuadrado dan dilanjutkan oleh tandukan McKennie ke arah gawang. Namun, bola masih melebar dari sasaran. 

Juventus terus berjuang mencari celah untuk menyamakan kedudukan. Namun, pertahanan Udinese sangat solid. Hingga babak pertama berakhir, skor bertahan 1-0 untuk tuan rumah. 

Pada babak kedua, Juventus bermain agresif dengan ancaman yang mereka berikan ke lini pertahanan Udinese. Di menit ke-50 mpan cepat satu dua antara Dybala dan Ronaldo bekerja dengan baik. Namun, umpan terakhir Dybala gagal menjangkau Ronaldo. 

Udinese juga tidak tinggal diam, mereka hampir menggandakan keunggulan di menit ke-52 saat Arslan memberikan umpan terobosan kepada Okaka. Namun, tembakannya ke tiang dekat masih meleset dari sasaran. 

Juventus merubah strategi dengan menarik Bernardeschi yang digantikan oleh Kulusevski di menit ke-59. Selanjutnya Juventus melakukan perubahan dalam serangan di menit ke-66, dengan Dybala digantikan oleh Morata. 

Sepuluh menit tersisa, pasukan Pirlo punya harapan saat Cuadrado dapat hadiah tendangan bebas dari pelanggaran Stryger Larsen di luar area penalti. Ronaldo mengeksekusi bola mati, dan tendangannya ternyata membentur lengan De Paul, wasit pun menunjuk titik putih. 

Ronaldo yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil memaksimalkannya, tendangan yang mengarah ke sudut kiri membuat skor berubah imbang 1-1 di menit ke-83. 

Setelah menyamakan kedudukan, Juventus semakin agresif dengan gelombang serangan yang mereka lancarakan ke lini pertahanan Udinese. Juve akhirnya membalikkan keadaan di menit ke-89 melalui gol Ronaldi usai menerima umpan silang dari Rabiot. Juventus berbalik memimpin 2-1 atas Udinese dan berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga berakhir, sekaligus mengamankan tiga poin berharga. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA