Apa Saja Keistimewaan Lailatul Qadar?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko

Ahad 02 May 2021 22:46 WIB

Sejumlah jamaah membaca Al-Quran saat malam Lailatul Qadar pada bulan suci Ramadhan. Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH Sejumlah jamaah membaca Al-Quran saat malam Lailatul Qadar pada bulan suci Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lailatul Qadar adalah malam yang paling dinantikan oleh umat Islam saat bulan suci Ramadhan. Sebab, pada malam ini, ada banyak keistimewaan yang Allah berikan.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan Lailatul Qadar merupakan rahasia Allah yang diberikan agar umat Islam memperoleh kemuliaan hidup di dunia akhirat. Tak ada seorang pun yang mengetahui secara pasti kapan Lailatul Qadar terjadi.

Baca Juga

“Kita hanya mengetahui ciri-ciri Lailatul Qadar di bulan Ramadahan seperti akan akan memasuki puasa  ke-20. Dalam Alquran dan hadits, dijelaskan ciri-cirinya,” kata Amirsyah kepada Republika.co.id, Ahad (2/5).

Pada malam ini, siapa pun yang melakukan shalat malam karena iman dan mengharapkan ridha Allah akan diampuni dosanya. Ini berdasarkan salah satu hadits, “Barangsiapa melakukan salat malam pada Lailatul Qadar (malam kemuliaan) karena iman dan mengharap ridha Allah akan diampuni dosanya yang telah lalu,” (Muttafaq ‘alaih).

“Semua Muslim wajib melakukan perbuatan yang halal baik dalam bentuk makanan maupun perilaku,” ujar dia. Selain itu, Lailatul Qadar juga merupakan malam keagungan dan kemuliaan. Malam ini lebih baik daripada seribu bulan dan malam yang diberkahi. Ini sesuai dengan firman Allah dalam surat al-Qadr ayat 3:

يْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”